Blogger Kalteng

Materi Genre Kebijakan Program PKBR Dalam Rangka Mewujudkan Generasi Berencana (GenRe)


Bahan Pembelajaran 1:
(Pengelola, Pendidik Sebaya, Konselor Sebaya)

Kebijakan Program PKBR Dalam Rangka
Mewujudkan Generasi Berencana (GenRe)


I.       Pendahuluan
       Arah kebijakan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja adalah mewujudkan Generasi Berencana. Sebagaimana diketahui, saat ini jumlah remaja usia 10-24 tahun di Indonesia berjumlah sekitar 67 juta atau 30% dari jumlah penduduk Indonesia 237,6 juta jiwa (Sensus Penduduk, 2010). Remaja sangat rentan terhadap risiko TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS, NAPZA). Perilaku seksual sekitar 40 % remaja menyatakan secara terbuka bahwa mereka mempunyai teman yang mereka tahu pernah melakukan hubungan seksual, bahwa atas dasar norma yang dianut 89% remaja tidak setuju seks pranikah, namun kenyataannya 82% remaja punya teman yang telah melakukan seks pra nikah, sekitar 66% remaja punya teman yang hamil sebelum menikah(SKRRI, 2002-2003).

       Jumlah kasus AIDS di Indonesia yang dilaporkan hingga bulan Desember 2010 mencapai 24.131 kasus, dimana 45,48%dari kasus AIDS ini adalah kelompok remaja(Kemenkes RI, 2010).Data ini merupakan fenomena gunung es artinya data tersebut hanya yang dilaporkan. Jumlah penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikotropika, alkohol dan zat adiktif lainnya, diketahui 1,5% dari penduduk Indonesia (237,6 juta), dimana 78% diantaranya adalah usia 20-29 tahun, 800 ribu pelajar dan mahasiswa menggunakan jarum suntik dan 60% pengguna jarum suntik sudah terjangkit HIV dan AIDS(BNN, 2008).

       Ketiga masalah Kesehatan Reproduksi Remaja tersebut, tentu akan mengurangi kesempatan remaja untuk mempraktikkan perilaku hidup sehat sebagaimana mestinya. Remaja yang tidak berperilaku hidup sehat, akan menjadi korban dari risiko TRIAD KRR (seks pra-nikah, Napza, HIV dan AIDS), dimana mereka akan terganggu kesempatannya untuk:
1.        Melanjutkan pendidikan (Continue learning)
2.        Mencari pekerjaan (Start working)
3.        Memulai kehidupan berkeluarga (Form family)
4.        Menjadi anggota masyarakat yang normal (Excercise citizenship)
5.        Mempraktikkan hidup secara sehat

II.      Tujuan
A.  Tujuan Pembelajaran Umum ( TPU)
Setelah mempelajari materi ini, pesertadiharapkan dapat mengerti dan memahami program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja.

B.  Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)
Setelah mempelajari materi ini, peserta diharapkan dapat   :
1.    Memahamipengertian program PKBR
2.    Memahami kebijakanprogram PKBR
3.    Memahami strategiprogram PKBR
4.    Memahami ciri-ciri Generasi Berencana (GenRe)

Mohon maaf, silakan kunjungi link berikut untuk materi kelanjutannya. alert-info

Lanjutan Materi Genre/link/button

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post