Type something and hit enter

Pasang Iklan Anda

Blog ini hadir sejak tahun 2010. Awal pembuatannya berawal dari pertama kali saya ke Kota Palangka Raya. Saya masih ingat persis kenapa blog ini bisa ada. Cerita singkatnya begini:

Saat itu, saya berada di salah satu warnet Jl. Sisingamaraja Kota Palangka Raya. Semasa sekolah SMA saya diberikan pelajaran masalah pembuatan E-mail, dan baru awal masuk kuliah saya mempraktekkan langsung membuatnya. Karena pada saat SMA akses internet di desa tidak ada, dan komputerpun hanya 1 unit yang dimiliki SMA kami.

Ketika E-mail selesai saya buat dengan alamat yandi.novia43@gmail.com, serius angka 43 itu tidak ada artinya, karena pada saat itu saya hanya mencoba-coba dan memberanikan diri membuatnya, tidak paham betul bagaimana membuatnya. Akhirnya google menyediakan opsi itu. Seandainya bisa saya ulang pembuatannya, maka E-mail yang saya inginkan adalah yandi.novia05@gmail.com (tanggal 5 adalah ulag tahun saya).

Sebenarnya di akun yahoo saya juga membuat email dengan alamat debu_yandi05@yahoo.co.id berbeda dengan gmail, yahoo mudah untuk otak-atik dalam pembuatan E-mail.

E-mail gmail selesai saya buat, dan pada saat itu saya sangat girang bangga dan bahagia sekali, kali pertama dalam hidup mempunyai alamat email. Kira-kira sudah 1 jam lamanya saya mengotak-atik internet dan menemukan salah satu tombol tentang produk google.
Dalam produk google tersebut ada Blogger, serius saya sama sekali tidak mengetahui Blogger itu apa. Serasa penasaran, akhirnya saya klik dan membawa saya pada laman Dasbor Blogger

Akhirnya, otak-atik lama, blog ini tercipta. Awalnya sejak tahun 2010 nama blog ini saya buat "Yandi Novia Sang Debu", dan sejak tahun 2016 bulan September berganti menjadi Blogger Kalteng. 

## Menekuni Blog Lebih Serius
Sejak perkuliahan pertama mulai aktif, sayapun mulai aktif mengisi blog, awalnya hanya copy paste, dan posting tentang makalah-makalah sesuai dengan jurusan saya. Tahun 2011 saya memberanikan diri untuk menulis sendiri artikel blog, walaupun isinya ngawur dan gak jelas. 

Tahun 2012, saya mulai menemukan jalan untuk menulis dengan cukup baik (dalam pandangan saya). Setiap hari sejak tahun 2011 saya selalu berpikir apa yang saya isi di blog ini? Dan sejak tahun 2011 hingga tahun 2013 saya juga belajar tentang cara mengedit template blog, sampai akhirnya saya paham betul tentang bagaimana pemprograman menggunakan html (Hyper Text Markup Language). Karena sudah paham, saya hampir dalam sebulan mengganti tampilan blog.

## Mendapatkan Promosi Menulis 
Tahun 2014 saya mulai mendapat tawaran menulis di salah satu buletin terbitan media nasional yang mempunyai kantor cabang di Kalimantan Tengah. Saat itu dalam 1 bulan rutin 2 tulisan saya dipublikasikan dengan biaya Rp350.000/ 1 artikel, tentunya cukup bagi saya untuk memenuhi kebutusan sehari-hari dan bisa mengirim orang tua dari hasil menulis. Kebutuhan sehari-hari saya pada saat itu tidak begitu besar, karena saya tinggal di sebuah asrama khusus jurusan saya gratis, dan ditanggung makan, hanya saja untuk sayurnya kami harus mencari sendiri.

Biasanya, saya memancing dan mencari daun kalaki (tumbuhan jenis paku) untuk lauk sehari-hari. Di depan asrama kami juga menanam sayur-sayuran, walupun sebenarnya mie dan telur menjadi makanan sehari-hari kami.

## Mulai Berpikir Lebih Jauh
Tahun 2015 saya sudah mulai berpikir jauh ke depan. Pertanyaan demi pertanyaan mulai bermunculan. Akhirnya, saya mulai serius menekuni dunia Blogger, dan akan selalu menulis dan berbagi melalui blog ini. Karena sejak tahun 2014 hingga sekarang saya mulai aktif menulis, dan mempatenkan Blogger Kalteng sebagai jasa atau bisnis saya di internet.

Tahun 2016, pengunjung blog saya telah mencapai 2.000 lebih setiap harinya terhitung pada tanggal 21 September. Bagi saya pencapaian angka 2.000 itu butuh perjuangan yang panjang dan kerja keras, sehingga saya sangat bangga dengan pencapaian itu. 

Tahun 2017, pengunjung blog saya mulai naik drastis, mencapai angka 5.000-10.000 per hari, hingga di bulan Maret telah mencapai 20.000-33.000 setiap harinya. Pencapaian angka ini karena update tulisan yang selalu terjadwal dan terbilang tulisan yang cukup menarik untuk dibaca.

## Donasi Anda
Saya sangat terbuka dengan kritik dan saran dari para pembaca. Silakan berkomentar, atau menghubungi saya melalui kontak.

Dan jika para pembaca ingin mengirimkan donasi, sebagai bentuk dukungan dan pengembangan blog ini. Silakan transfer ke :

BRI a.n Yandi Novia
No. Rek 4544-01-006185-53-3

Mandiri a.n Yandi Novia
No. Rek 900-00-3932931-4

Paypal
Link : paypal.me/yandinovia
E-mail : debuyandi@gmail.com

Hormat Saya,
Yandi Novia Arsil
Blogger Kalteng