Blogger Kalteng

Ghaliyah (Kelompok Syi'ah Ekstrem)




Kelompok penganut Syi'ah Ghaliyah (Syi'ah Ghalat) adalah mereka yang berpandangan ekstrem mengenai imam-imam mereka, memandang mereka melebihi batas-batas mereka selaku makhlul Allah dan memberikan sifat-sifat Allah kepada mereka.

Terkadang kelompok ini menyerukan seorang imam dengan Allah, pada waku yang lain mereka menyamakan Allah dengan manusia. Dengan demikian, berarti merka telah terjerumus ke dalam dua ekstrem. Ide-ide sesat kelompok Ghaliyah ini berasal dari doktrin-doktrin yang di pegang oleh orang-orang yang percaya kepada inkarnasi dan perpindahan roh-roh, atau mereka yang memegang keyakinan-keyakinan kaum Yahudi dan Nasrani, sebab ummat Yahudi pun meyerukan Allah dengan manusia dan umat Kristen (Nasrani) menyamakan manusia dengan Allah. Ide-ide ini begitu dalam pengarohnya terhadap pikiran-pikiran kaum syi'ah yang ekstrem sehingga mereka mensifatkan sifat-sifat Allah kepada sebagian imam mereka.

Anthropomorphisme pertama kali muncul dikalangan Syi'ah dan baru pada waktu-waktu berikutnya ditemukan pula dikalangan suniyah. Syi'ah, namun demikian, terpengarohi oleh Mu'taziliyah yagn mereka anggap lebih rasioanal dan selanjutnya Syi'ah ini meninggalkan Anthropomorphisme dan beralih mempercayai inkarnasi.

Inovasi-inovasi kelompok Syi'ah Ghaliyah dapat disimpulkan menjadi empat:

  1. anthropomorphisme,
  2. bada'a (perubahan pikiran pada diri Allah),
  3. kedatangan kembali imam (yang telah mati),
  4. metempsikosis.

Diberbagai tempat, kepolompok Ghaliyah ini dikenal dengan berbagai nama pula. Dus, penduduk Isfahan menamakan mereka dengan Al-Khurramiyah (Kharamiyah atau Karamitah) dan Al-Mazdakiyah dan Al-Sabadziyah; di Adzerbaijan dikenal dengan Al-Duquliyah; di Transoksiana dikenal dengan Al-Mubayyidhah, sedangkan di lain tempat, dikenal dengan Al-Muhammirah.
Kelompok Syi'ah Ghaliyah (Syi'ah ekstrem) terbagi kepada sebelas kelompok, yaitu:

  1. Saba'iyah
  2. Kamiliyah
  3. 'Alba'iyah
  4. Mughiriyah
  5. Manshuriyah
  6. Khaththabiyah
  7. Kayyaliyah
  8. Hisyamiyah
  9. Nu'maniyah
  10. Yunusiyah
  11. Nusairiyah dan Ishaqiyah

Sumber: Sekte-Sekte Islam, Penerbit Pustaka; terjemahan Al-Milal wan-Nihal, Muhammad bin 'Abdul Karim Syahrastani

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post