Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Jika dibandingkan otot wajah manusia yang berjumlah sekitar 43 otot, simpanse memiliki otot wajah lebih sedikit yaitu 23 otot. Namun, jumlah otot yang mengontrol wajah simpanse ini lebih banyak dibandingkan hewan primata lainnya. Hal ini membuat simpanse mampu membuat ekspresi-ekspresi halus dengan wajahnya sama seperti manusia berekspresi dengan tersenyum. Tentunya, setiap ekspresi simpanse memiliki makna tersendiri.
Pada saat hewan membuka mulutnya dan gigi-giginya terlihat biasanya diindikasikan sedang merasa takut. Namun, pada simpanse ekspresi tersebut menunjukkan bahwa ia sedang merasa tenang atau sedang bersikap ramah. Nah, apabila ekspresi ini terlihat sedikit aneh atau berbeda, simpanse bukan menunjukkan kemarahan tapi sedang menunjukkan senyumnya sebagai tanda persahabatan.
Jika manusia melakukan gerakan menengadahkan tangan untuk ekspresi meminta, simpanse melakukan hal yang berbeda. Simpanse menunjukkan ekspresi meminta dengan mengerutkan bibirnya. Biasanya ekspresi ini ditujukan untuk meminta makanan dari simpanse lainnya. Ekspresi ini juga dilakukan untuk menunjukkan ketundukannya pada simpanse jantan yang dominan.
Simpanse juga terkadang menekan bersamaan kedua bibirnya lalu meniup hingga mengembung pipinya menunjukkan ekspresi ia sedang merasakan konflik di dalam pikirannya. Jika ekspresi ini ditambah alisnya yang masih dalam kondisi biasa, biasanya simpanse sedang bingung. Namun, jika ditambah alis yang mengerut, artinya simpanse tersebut sedang marah.
Sudah tahu kan cara membaca beberapa ekspresi simpanse? Coba dipraktekkan dengan mengunjungi kebun binatang terdekat.

Click to comment