Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
Klik gambar ini untuk melihat info pendaftaran mahasiswa baru tahun 2014-2015

Beranda | Tentang Situs | Kontak
Copyright @ Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Jl. RTA Milono km. 1,5 Palangka Raya
Kalimantan Tengah, Indonesia
Telp. 0536-3222184,3238259, Fax: 0536-3239844,3222184

Makna Lambang

Makna Lambang Universitas Muhammadiyah Palangkaraya :
Bentuk Lambang
1. Gambar Matahari
2. Tulisan Muhammadiyah dalam Tulisan Arab
3. Dua Kalimat Syahadat dalam Tulisan Arab
4. Lukisan Padi dan Kapas
5. Kalimat Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
6. Lingkaran Segi Lima Bunga Mekar.
7. Dua Bintang Lima

Arti Lambang
1. Gambar Matahari Bersinar dua belas : Maksudnya Muhammadiyah berdiri sejak tahun 1912. Yang menggambarkan benda angkasa luar ciptaan Allah, sinarnya sangat berguna bagi semua kehidupan semua makhluk-Nya.
2. Perkataan Muhammadiyah : Nama Persyarikatan Muhammadiyah.
3. Dua Kalimat Syahadat Dalam Tulisan Arab : Bermakna bahwa Persyarikatan Muhammadiyah berusaha memancarkan cahaya keimanan berupa Tauhid, bahwa Sesungguhnya tidak ada Tuhan Kecuali Allah dan bahwa Sesungguhnya Nabi Muhammad itu adalah Utusan Allah. Keyakinan ini merupakan Aqidah yang paling hakiki bagi setiap Muslim, dengan demikian Persyarikatan Muhammadiyah Menyeru kepada Umat Manusia agar Sadar Memeluk Islam dan Menjadi penolong serta Penegak Islam.
4. Lukisan Padi dan Kapas : Terdiri dari 19 dan 12 Tangkai, gabungan keduanya menunjukan tahun berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia yang juga berarti Lembaga Kemakmuran dan Kesejahteraan yang menjadi Cita – Cita Bangsa Indonesia.
5. Kalimat UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA : Lembaga Pendidikan Tinggi dalam Persyarikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Palangkaraya.
6. Lingkaran segi Lima Bunga Mekar : Simbol dari lima Rukun Islam dan lima sila dalam Pancasila.
7. Dua Bintang Lima melambangkan keimanan dan ketaqwaan

Singkatan resmi dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya adalah UM Palangkaraya.

Visi dan Misi

Visi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya :

* Menjadikan Universitas yang unggul dalam mengembangkan Iptek dan Imtaq.

Misi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya :

Melalui pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UM Palangkaraya:
* Mengembangkan dan melakukan inovasi iptek, kesenian dan kebudayaan yang bermanfaat bagi pembangunan daerah maupun bangsa.
* Mengembangkan program unggulan Iptek dan Imtaq.
* Menghasilkan lulusan yang memiliki ciri keilmuan, mutu, profesionalitas, ikhlas dan berakhlak mulia.

Organisasi

Pimpinan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya saat ini adalah:
REKTOR   : DRS. H. BULKANI, M.Pd
PEMBANTU REKTOR I : DRS. H. SUPARDI, M.Pd
PEMBANTU REKTOR II : H. MUHAMAD YUSUF, S.Sos. MAP, Dr. (Kandidat)
PEMBANTU REKTOR III : DR. SONEDI, M.Pd
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pada awal didirikan tanggal 24 September 1987, terdiri dari 4 Fakultas, yaitu :
1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
3. Fakultas Pertanian
4. Fakultas Agama Islam

Perkembangan yang pesat mengakibatkan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya harus mengembangkan organisasinya sehingga sampai tahun 2011 telah terdiri dari 6 Fakultas yaitu:
1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
3. Fakultas Pertanian dan Kehutanan
4. Fakultas Agama Islam
5. Fakultas Teknik
6. Fakultas Ilmu Kesehatan
Program Studi yang tersedia dengan jumlah mahasiswanya saat ini (2011) adalah:
No
Program Studi
Jumlah Mahasiswa
1
Ilmu Administrasi Negara (S1) (Akreditasi B)
315
2
Pendidikan Ekonomi (S1) (B)
208
3
Bimbingan dan Konseling (S1) (B)
265
4
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) (Proses)
1.854
5
Agroteknologi (S1) (C)
75
6
Kehutanan (S1) (Proses)
34
7
Tarbiyah (S1) (C)
99
8
Syari’ah (S1) (B)
25
9
Teknik Sipil (S1) (C)
127
10
Analis Kesehatan (D3) (Proses)
167
11
Farmasi (D3) (Proses)
183

Jumlah
3350

No
Fakultas
S3
S2
S1
1
FISIP
-
4
6
2
FKIP
2*
15
44
3
FAPERTAHUT
-
12
21
4
FAI
-
6
5
5
FATEKNIK
1*
4
9
6
FIK

4
19

Jumlah
3*
45
104
*Dosen masih sekolah/studi S3

Sejarah

Gagasan mendirikan UM Palangkaraya berawal dari hasil Muktamar Muhammadiyah ke-41 tahun. 1985 di Surakarta. Realisasi gagasan tersebut, oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah membentuk panitia pendirian UM Palangkaraya, dengan surat keputusan No. A-2/18/SK-PMW/ 1986, tanggal 28 Agustus 1986.
Awalnya, jumlah fakultas direncanakan sebanyak 5 fakultas umum, dan 1 fakultas Agama Islam. Namun setelah melalui konsultasi dengan berbagai pihak, ditetapkan 4 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Fakultas Pertanian, Fakutas Agama Islam. Secara formal UM Palangkaraya diresmikan oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah, yang dihadiri pula oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada tanggal 1 Muharrom 1408 H, atau 24 September 1987 M.
Proses legalisasi UM Palangkaraya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang diakui oleh pemerintah setelah terbit surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0126/O/1990 tertanggal 9 Maret 1990, tentang status terdaftar kepada fakultas, jurusan/program studi di lingkungan UM Palangkaraya, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Pertanian. Selanjutnya Fakultas Agama Islam Program Studi Peradilan Agama (Qodho) dengan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor. E/276/1997 tanggal 25 Nopember 1997, dan Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor. Dj.II/334/2003 tanggal 12 September 2003.
Dalam perkembangan selanjutnya, UM Palangkaraya menambah fakultas dan pogram studi. Sampai dengan tahun 2008 telah menambah tiga fakultas dan delapan program studi, yaitu, Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil (SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 287/DIKTI/KEP/1998 tanggal 14 Agustus 1998), Fakultas Kehutanan dengan Program Studi Budi Daya Hutan, dan Program Studi Konservasi Sumberdaya Hutan (SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 1111 /D/T/2004, tanggal 9 Maret 2004), Prodi Pendidikan Guru SD program pendidikan DII (SK Dirjen Dikti DEPDIKNAS No. 379/D/T/2005, tanggal 25 Januari 2005), dan S1 PGSD (SK Dirjen Dikti DIKNAS No. 1927/D/T/2007 tanggal 19 Juli 2007), Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi Farmasi DIII, dan Prodi Analis Kesehatan DIII (SK Dirjen Dikti DEPDIKNAS No. 3402/D/T/2006, tanggal 8 September 2006).
Pada akhirnya sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman, maka pada awal tahun 2010 disepakati peleburan fakultas Pertanian dengan Fakultas Kehutanan menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan, dengan program studi Agroteknologi dan program studi Ilmu Kehutanan. Selain itu, pada awal tahun 2010 juga disepakati penghapusan program studi Administrasi Niaga dan program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial di FISIP UM Palangkaraya.

Akademik

Program Studi yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berorientasi pada kebutuhan pembangunan di Kalimantan Tengah terutama dalam mengisi peluang lapangan kerja. Selain itu lulusan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya juga dibekali keahlian untuk mengoperasikan komputer (Ms Office) dan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan persyaratan untuk wisuda harus melalui uji kompetensi komputer dan TOEFL (Bahasa Inggris).
Beberapa keunggulan kompetitif bagi mereka yang mengikuti pendidikan di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya:
1. Tersedia program beasiswa
2. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya merupakan Universitas yang terbuka bagi setiap orang
3. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbesar di Kalteng
4. Semua Program Studi memiliki ijin penyelenggaraan
5. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya secara rutin melaporkan EPSBED
6. Biaya kuliah relatif terjangkau
7. Bagi Mahasiswa (i) input terdapat pengakuan mata kuliah yang pernah ditempuh

Sarjana dan Diploma

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menyelenggarakan Pendidikan Program Sarjana dan Program Diploma. Pendidikan Program Sarjana diselenggarakan dengan masa studi 4 (empat) tahun sementara Program Diploma diselenggarakan dengan masa studi 3 (tiga) tahun. Saat ini sedang diproses 3 (tiga) program studi baru dengan satu di antaranya merupakan Program Pascasarjana (Magister Administrasi Publik) dan dua lainnya Program Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Program Sarjana Ilmu Komunikasi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ilmu Administrasi Negara (S1) (Akreditasi B)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Ekonomi (S1) (B)
Bimbingan dan Konseling (S1) (B)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) (Proses)

Fakultas Pertanian dan Kehutanan

Agroteknologi (S1) (C)
Kehutanan (S1) (Proses)

Fakultas Agama Islam 

Tarbiyah (S1) (C)
Syari’ah (S1) (B)

Fakultas Teknik

Teknik Sipil (S1) (C)

Fakultas Ilmu Kesehatan

Analis Kesehatan (D3) (C)
Farmasi (D3) (C)

Lokasi Kampus

Kampus Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berlokasi di tengah Kota Palangka Raya tepatnya di Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Jl. RTA Milono km. 1,5 Palangka Raya. Di kompleks ini terdapat juga SMP dan SMA Muhammadiyah Palangka Raya.
Pada awal keberadaan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, perkuliahan dilaksanakan di ruang-ruang kelas SMP dan SMA Muhammadiyah. Perkembangan saat ini, dengan dibangunnya gedung-gedung baru dan fasilitas tambahan lain, maka Universitas Muhammadiyah Palangkaraya telah menjadi sebuah kampus yang sebenarnya. Gedung bertingkat tiga dibangun sekeliling kompleks dengan pembangunan masih berjalan sampai saat ini.

Fasilitas

Fasilitas Kampus Universitas Muhammadiyah Palangkaraya terus dikembangkan untuk dapat memfasilitasi berbagai kegiatan akademik yang berlangsung di kampus. Saat ini mahasiswa dapat menggunakan:
1. Ruang Kuliah (2.260 M2)
2. Perpustakaan Universitas (144 M2)
3. Lab. Bahasa (96 M2)
4. Lab. Komputer (96 M2)
5. Lab. FIK (Lab Farmakologi, Lab Klinik, Lab Mikrobiologi, Lab Kimia, Lab. Analis Instrumen, Lab Farmasetika, Lab Farmakologi)
6. Lab. Teknik (Lab Mekanika Tanah, Lab Transportasi, Lab Beton, Lab. Jalan Raya)
7. Lab. Pendidikan (Micro Teaching) (72 M2)
8. Ruang Layanan Administrasi (1.296 M2)
9. Ruang Pelayanan Kesehatan (36 M2)
10. Mesjid Kampus (1.100 M2)
11. Lapangan Olahraga (10.000 M2)
12. Lahan Praktik (200.000 M2)
13. Lahan Pengembangan (80.000 M2)
14. Hot Spot Area
15. Ruang Terbuka Hijau
16. Koperasi
17. Green House (Fapertahut) (24 M2)






2 komentar

avatar

Asalam mualaikum .. Pak
Saya Rendra mau bertanya apa adakah di
Universitas Muhammadiyah Jurusan Manegemen Informatika

Atau gak Jurusan Teknik Insdustri / Bisniz
Sekian Terima kasih

Wasalam
Rendra

avatar

Wa'alaikumussalam. Untuk Jurusan Managemen Informatika dan Tekhnik Industri/ Bisnis masih belum ada Pak. terima kasih

Click to comment