Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi


 “Fashtabikhul Kahirat”……Inilah yang menjadi slogan bagi anak-anak Penghuni Asrama Mahasiswa Utusan Daerah Muhammadiyah Se-Kalimantan Tengah, yang beralamat di Jalan Melati no. 23 Komp. PCPR Palangka Raya. Mahasiswa yang sengaja di siapkan oleh Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sebagai Kader Muhammadiyah di masing-masing daerah, sebagai salah satu program Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) yang setiap tahunnya menerima Mahasiswa di program studi Al Ahwal Al Syakhsyiyyah, dengan beberapa tahap seleksi dan beberapa materi antara lain; ke-Islaman, Kemuhammadiyahan, dan baca tulis Al Qur’an serta hafalan. Mendapat beasiswa bebas biaya kuliah, uang tunjangan setiap bulan, dan masih banyak lagi. Bagi teman-teman yang berminat masuk, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi selain, yang telah ada; antara lain mendapat rekomendasi dari Pempinan Daerah Muhammadiyah, mempunyai komitmen terhadap Muhammadiyah, dan siap menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah, serta sanggup mengikuti setiap kegiatan bimbingan dan pelatihan yang menjadi program Muhammadiyah serta Kampus Perguruan Muhammadiyah Palangkaraya; adapun kegiatan yang menjadi rutinitas yaitu bimbingan setiap ba’da shalat Subuh di masjid Darul Arqam komp. Perguruan Tinggi Muhammadiyah Palangkaraya oleh Ust. M. Zuhri, SH.I, sebelum berlangsungnya bimbingan kader-kader di minta secara bergantian setiap subuhnya menyampaikan ceramah atau sering disebut Kultum (Kuliah Tujuh Menit), dihadapan para jamaah, materi-materi yang diajarkan mencakup kajian ke-Islaman dan sesuai dengan program studi, diantaranya kajian fiqh, Tafsir Ahkam, Ulumul Qur’an dan hadits, bahasa Arab, Tafsir Al Qur’an dan Hadits, hafalan Qur’an dan Hadits, dan masih banyak lagi. Bimbingan ini berakhir sampai Jam 05.30 WIB.
Selain kegiatan itu, masih banyak lagi rutinitas lainnya, misalkan kajian ke-Islaman oleh Muhammadiyah rutin setiap Ahad malam di Masjid Darul Arqam ba’da shalat maghrib dan usai sebelum azan shalat Isya, kajian ini untuk umum, kemudian Pengajian Cabang Muhammadiyah Pahandut yang diadakan dirumah-rumah warga Muhammadiyah rutin dua minggu sekali, eemmm..dan masih banyak lagi kawan, insya Allah tak ada yang tidak berarti bersama kami.   
Letak asrama yang tidak jauh dari kampus dan taman kota Palangka Raya ini, menjadikan tempatnya strategis, selain berdampingan dengan Musholla Istiqomah; dan diantara masyarakat yang majemuk baik agama, ras dan suku. Namun kehidupan saling menyapa dan berbagi menjadi suasan yang tidak terpisahkan dilingkungan ini. Bangunannya tidak terlalu besar, terdiri dari 4 kamar yang dihuni beberapa orang, satu dapur dan tempat masak, dan beberapa buah WC, serta tempat pencucian pakaian, dan ruang tamu lengkap dengan sopa (walaupun sudah lumayan jadul) dan meja tamu, beberapa lemari pakaian, satu buah TV, ranjang tingkat, dan lain-lainnya.
Daftar Mahasiswa PKUM :
NAMA
ASAL DAERAH
Amrin Saleh
Kuala Kapuas
Mas’ud Suherman
Pulang Pisau
Sangidun
Pulang Pisau
Susanto
Pulang Pisau
Edy Susanto
Palangka Raya
Heri Saputra
Murung Raya
Mitra
Murung Raya
Yandi Novia
Kotawaringin Timur
Dudut Unggi
Palangka Raya
Yudarto Hermawan
Katingan
Gunawan Abdi
Murung Raya
Muhammad Fitriani
Seruyan
Priyono
Pulang Pisau
Saiun
Pulang Pisau

Mahasiswa yang secara ekonomi tidak mampu tetapi secara kemampuan dan kemauan dalam mencari ilmu sangat tinggi, maka apalah kata pepatah “ada kemauan pasti ada jalan”. Mereka tidak berpangku tangan, disela waktu yang luang apalagi jadwal kuliah sore dan malam jadi paginya mereka bias bekerja, ada yang ikut kerja bangunan, jadi guru, stap administrasi, stap di baznas prov. Kalteng, ustadz TK/TPA, dan lain sebagainya. Diorganisasi baik ekstra maupun intra kampus, mereka cukup aktif, terutama di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan di Badan Eksekutif Mahasiswa Mahasiswa UM Palangkaraya; menjuarai beberapa perlombaan, dan ikut dalam kegiatan-kegiatan dan bimbingan skala regional dan Nasional. Semuua karena prestasi yang membawa mereka, walaupun hanya orbit dari kampung namun mampu bersaing ketika berada di Kota, subhanallah.
Jangan tunggu nanti kawan, bergabunglah bersama kami; dalam Laskar Debu, Insya Allah taka da yang tidak berarti, disni kau akan rasakan sebuah perjuangan dan kemandirian.
Bersambung……..







Click to comment