Type something and hit enter

author photo
By On
Sabung Ayam Online dengan Promo Bonus Terbaik Indonesia

Profile Surat :
  • Surat Makkiyah terdiri dari 4 ayat, mempunyai 20 nama lain, diantaranya: al Jamal, al-Muqosyqisy, Qul Huwallah, An-Nisbah, An-Najah, dll.
  • Sesuai turunnya merupakan surat yang ke 22 setelah surat An-Naas dan surat yang ke 112 sesuai urutan mushaf.

Kandungan Surat :
  • Surah ini meliputi dasar yang paling penting dari risalah para nabi sampai kepada Nabi Saw. yaitu mentauhidkan Allah dan menyucikan-Nya.
  • Keesaan Allah itu meliputi tiga hal: Dia Maha Esa pada zat-Nya, Maha Esa pada sifat-Nya dan Maha Esa pada af’al-Nya (Perbuatan-Nya).
  • Dari sisi Tata Bahasa Arab, pada ayat 4 lafal Lahu berta'alluq kepada lafal Kufuwan. Lafal Lahu ini didahulukan karena dialah yang menjadi subjek penafian; kemudian lafal Ahadun diakhirkan letaknya padahal ia sebagai isim dari lafal Yakun, sedangkan Khabar yang seharusnya berada di akhir mendahuluinya; demikian itu karena demi menjaga Fashilah atau kesamaan bunyi pada akhir ayat.

Asbabun Nuzul :

Dahhak meriwayatkan bahwa orang-orang musyrik mengutus kepada Nabi Muhammad Saw. Amir bin Tufail, menyampaikan amanah mereka kepada Nabi, ia berkata: "Engkau telah memecah belahkan keutuhan kami, memaki-maki "tuhan" kami, berubah agama nenek moyangmu. Jika engkau miskin dan mau kaya kami berikan engkau harta. Jika engkau gila kami obati. Jika engkau ingin wanita cantik akan kami kawinkan engkau dengannya". Nabi menjawab:

"Aku tidak miskin, tidak gila, tidak ingin kepada wanita. Aku adalah Rasul Allah, mengajak kamu meninggalkan penyembahan berhala dan mulai menyembah Allah Yang Maha Esa", kemudian mereka mengutus utusannya yang kedua kalinya dan bertanya kepada Rasulullah. Terangkanlah kepada kami macam Tuhan yang engkau sembah itu. Apakah Dia dari emas atau perak?", lalu Allah menurunkan surah ini.


Kosakata Penting :
  • Al-Ikhlash : Menyingkirkan segala sesuatu yang tidak behubungan dengan Tuhan sehingga yang tersisa hanya gambaran Tuhan.
  • As-Shomad : yang dituju atau yang dimaksud seluruh makhluk untuk memenuhi semua kebutuhan dan permintaan seluruh makhluk.
  • Kufuwan : yang setara atau serupa.

Keutamaan Surat Al-Ikhlash :
  • Membacanya sama dengan membaca sepertiga al-Qur’an

    Dari Abi Said Al Khudri ra. bahawa Rasulullah saw. bersabda tentang Qul Huwallahu ahad; "Demi Allah --Yang diriku berada di dalam genggaman-Nya--, sesungguhnya ia (Al- Ikhlash) menyamai sepertiga Al Qur'an."

    Pada riwayat lain Rasulullah saw. bersabda kepada para sahabatnya, "Adakah di antara kamu yang tidak sanggup membaca sepertiga Al Qur'an dalam satu malam?" Hal ini memang berat bagi mereka, lalu mereka bertanya, "Siapakah di antara kami yang mampu ya... Rasulullah?" Beliau bersabda, "Qul Huwallahu ahad Allahush-Shamad, adalah sepertiga Al Qur'an."(Diriwayatkan oleh Bukhari)
  • Membacanya sepuluh kali ganjarannya syurga

    Dari Mu'az bin Anas ra. Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa membaca Qul huwallahu ahad sebanyak sepuluh kali niscaya Allah akan membangun rumah baginya di surga." (Diriwayatkan oleh Ahmad).

Ayat-ayat yang berhubungan dengan surat Al-Ikhlas :

Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia. (Q.S. Yasin, 36: 82).

Tanyakanlah (ya Muhammad) kepada mereka (orang-orang kafir Mekah) "Apakah untuk Tuhanmu anak-anak perempuan dan untuk mereka anak-anak laki-laki, atau apakah Kami menciptakan malaikat-malaikat berupa perempuan dan mereka menyaksikan (nya)? Ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka dengan kebohongannya benar-benar mengatakan: "Allah beranak". Dan sesungguhnya mereka benar-benar orang yang berdusta. (Q.S. As Saffat, 37: 149-152).


Do’a Penguat Hati/Aqidah

Untuk meresapkan arti ketauhidan kepada Allah yang terkandung dalam surah Al Ikhlas, maka kami mencantumkan pada akhir tafsir surah ini sebuah munajat kepada Allah yang diamalkan oleh mereka yang tekun melaksanakan ibadahnya:

"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, pujian yang memenuhi nikmat-nikmat-Nya dan menyempurnakan nikmat lain-Nya. Semoga rahmat dan keselamatan dilimpahkan kepada Nabi penutup, Muhammad Saw, yang tidak ada lagi Nabi sesudahnya dan kepada sekalian keluarganya, sahabat dan sekalian yang mencintainya. Ya Allah, Tuhan yang aku tidak melihat (dengan mata hatiku) selain Dia, walaupun banyak gejala-gejala nampak, dan yang aku tidak bermunajat melainkan kepada-Nya saja, walaupun banyak wujud-wujud di alam lahir dan yang aku tidak menginginkan melainkan manfaat-Nya walaupun banyak sumber-sumber pengambilannya. Aku mohon kepada-Mu dengan tawassul kepada keesaan-Mu di alam wujud dan berbilangnya tajalli (penampakan kekuasaan-Mu) di alam nyata dan dengan kehormatan nampaknya keagungan-Mu bagi mata hati dan tertutupnya Engkau dari jangkauan pancaindera, agar kiranya Engkau mengabulkan hajat permohonanku ini. dan agar Engkau tidak membiarkan aku bersandar pada permohonanku ini; (sebutkan hajat yang dimaksud). Semoga rahmat keselamatan dilimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, Nabi yang ummi dan kepada sekalian keluarganya dan sahabatnya. (3x).


Rujukan Tafsir

Tafsir Al-Misbah, Tafsir Ibnu katsir, Tafsir Depag, Tafsir Jalalain dan Asbabun Nuzul.

Click to comment