
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
      Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah
(MTs)
A.    
Latar
Belakang
Bahasa memiliki peran sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. 
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik  untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.  
Dengan  standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.     
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan
dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.     
guru dapat
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.     
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya; 
4.     
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan
daan kesastraan di sekolah;
5.     
sekolah
dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia; 
6.     
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.    
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.     
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis 
2.     
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.     
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.     
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan  intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5.     
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa 
6.     
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C.    
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia
mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1.                             
Mendengarkan
2.                             
Berbicara
3.                             
Membaca 
4.                             
Menulis. 
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik
telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas  VII,
Semester 1
| 
    
Standar Kompetensi 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar 
 | 
  
| 
   
Mendengarkan 
1.      Memahami wacana lisan
  melalui kegiatan mendengarkan berita   
 | 
  
   
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
  beberapa kalimat   
1.2  Menuliskan kembali
  berita yang dibacakan      ke dalam
  beberapa kalimat   
 | 
 
| 
   
Berbicara 
2.      Mengungkapkan
  pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
  pengumuman  
 | 
  
   
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
  mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif  
2.2  Menyampaikan pengumuman
  dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
  sederhana  
 | 
 
| 
   
Membaca 
3.      Memahami ragam teks
  nonsastra dengan berbagai cara membaca 
   
 | 
  
   
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus
  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan
  membaca memindai   
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per
  menit   
3.3  Membacakan berbagai
  teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat 
 | 
 
| 
   
Menulis 
4.      Mengungkapkan pikiran
  dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 
 | 
  
   
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
  dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar 
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,
  isi, dan bahasa 
4.3  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
  efektif, baik dan benar 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
5.      Mengapresiasi  dongeng yang  diperdengarkan   
 | 
  
   
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng
  yang diperdengarkan    
5.2  Menunjukkan relevansi
  isi dongeng dengan situasi sekarang 
 | 
 
| 
   
Berbicara 
6.      Mengeskpresikan pikiran
  dan perasaan melalui kegiatan bercerita  
 | 
  
   
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
  lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat 
6.2 Bercerita dengan alat peraga 
 | 
 
| 
   
Membaca 
7.      Memahami isi berbagai
  teks bacaan sastra dengan  membaca      
 | 
  
   
7.1
  Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca 
7.2  Mengomentari buku
  cerita yang dibaca    
 | 
 
| 
   
Menulis 
8.      Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman
  melalui  pantun dan dongeng 
 | 
  
   
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun 
8.2  Menulis kembali dengan bahasa
  sendiri dongeng yang  pernah dibaca
  atau didengar  
 | 
 
Kelas VII, Semester 
2
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
Kompetensi Dasar 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
9.      Memahami wacana lisan
  melalui kegiatan wawancara 
 | 
  
   
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
  gagasan     seorang tokoh/narasumber
  yang disampaikan dalam wawancara    
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting
  yang dikemukakan narasumber dalam wawancara 
 | 
 
| 
   
Berbicara 
10.  Mengungkapkan pikiran,
  perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan
  bertelepon 
 | 
  
   
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan
  identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan
  kata yang sesuai 
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
  bahasa yang santun 
 | 
 
| 
   
Membaca 
11.  Memahami wacana tulis
  melalui kegiatan membaca intensif dan membaca
  memindai 
 | 
  
   
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat
  diteladani  dari buku biografi yang
  dibaca secara intensif  
11.2   Menemukan gagasan utama
  dalam teks yang dibaca    
11.3   Menemukan informasi
  secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca 
 | 
 
| 
   
Menulis 
12.  Mengungkapkan berbagai
  informasi   dalam bentuk narasi
  dan  pesan singkat        
 | 
  
   
12.1 Mengubah 
  teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan
  kalimat langsung dan tak langsung  
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi
  dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
Kompetensi Dasar 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
13.  Memahami pembacaan
  puisi   
 | 
  
   
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi     
13.2  Merefleksi isi puisi
  yang  dibacakan    
 | 
 
| 
   
Berbicara 
14.  Mengungkapkan tanggapan
  terhadap pembacaan cerpen 
 | 
  
   
14.1 Menanggapi cara pembacaan
  cerpen   
14.2   Menjelaskan  hubungan 
  latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial   
 | 
 
| 
   
Membaca 
15.  Memahami wacana sastra
  melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak   
 | 
  
   
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama,
  volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi 
15.2  Menemukan  realitas kehidupan  anak yang terefleksi dalam buku cerita anak
  baik asli maupun terjemahan  
 | 
 
| 
   
Menulis 
16.  Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman
  melalui  kegiatan  menulis kreatif puisi 
 | 
  
   
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
  keindahan alam 
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
  peristiwa yang pernah dialami 
 | 
 
Kelas VIII, Semester 1 
| 
    
Standar Kompetensi 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar 
 | 
  
| 
   
Mendengarkan 
1.  Memahami wacana lisan
  berbentuk laporan           
 | 
  
   
1.1 Menganalisis laporan   
1.2  Menanggapi isi laporan    
 | 
 
| 
   
Berbicara 
2.  Mengungkap berbagai
  informasi melalui wawancara  dan
  presentasi laporan   
 | 
  
   
2.1   Berwawancara
  dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika
  berwawancara 
           
  Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang
  baik dan benar  
 | 
 
| 
   
Membaca 
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai,
  membaca cepat  
 | 
  
   
3.1   Menemukan
  informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
  memindai 
           
  Menemukan 
  tempat  atau arah dalam konteks
  yang sebenarnya sesuai dengan yang 
  tertera pada denah   
           
  Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250
  kata per menit   
 | 
 
| 
   
Menulis 
4.      
  Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat
  dinas, dan  petunjuk  
 | 
  
   
4.1   Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik
  dan benar 
4.2   Menulis surat dinas berkenaan dengan
  kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 
4.3   Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
  urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
5.     
  Mengapresiasi  
  pementasan drama 
 | 
  
   
5.1   Menanggapi unsur pementasan drama    
5.2  Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan drama 
 | 
 
| 
   
Berbicara 
6.  Mengungkapkan pikiran
  dan  perasaan dengan bermain peran 
 | 
  
   
6.1   Bermain peran sesuai dengan naskah yang
  ditulis siswa  
           
  Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan
  kerangka naskah yang ditulis siswa     
 | 
 
| 
   
Membaca 
7.  Memahami  teks drama dan novel remaja  
 | 
  
   
7.1   Mengidentifikasi unsur intrinsik
  teks drama 
7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia 
 | 
 
| 
   
Menulis 
8.      Mengungkapkan 
  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama  
 | 
  
   
8.1   Menulis kreatif naskah drama satu babak
  dengan     memperhatikan keaslian
  ide   
           
  Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan       memperhatikan kaidah penulisan naskah
  drama 
 | 
 
Kelas VIII, Semester 2 
| 
    
Standar Kompetensi 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar 
 | 
  
| 
   
Mendengarkan 
9.      Memahami isi berita
  dari radio/televisi  
 | 
  
   
9.1   Menemukan 
  pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
  bagaimana) yang didengar dan atau ditonton 
  melalui radio/televisi    
           
  Mengemukakan kembali berita yang didengar/
  ditonton  melalui radio/televisi    
 | 
 
| 
   
Berbicara 
10.  Mengemukakan pikiran,
  persaan, dan informasi melalui kegiatan  
  diskusi dan protokoler      
 | 
  
   
10.1 Menyampaikan
  persetujuan, sanggahan, dan penolakan 
  pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 
           
  Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar,
  serta santun 
 | 
 
| 
   
Membaca 
11.  Memahami ragam wacana
  tulis dengan  membaca ekstensif,
  membaca intensif, dan membaca  nyaring  
 | 
  
   
11.1 Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang
  bertopik sama melalui membaca ekstensif 
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
  melalui membaca intensif   
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang
  tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas 
 | 
 
| 
   
Menulis 
12.  Mengungkapkan informasi
  dalam bentuk  rangkuman, teks berita,
  slogan/poster   
 | 
  
   
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
  populer  
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat,
  dan jelas 
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat
  yang bervariasi, serta persuasif 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
13.  Memahami unsur
  intrinsik novel  remaja (asli atau
  terjemahan) yang dibacakan 
 | 
  
   
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel
  remaja         (asli atau terjemahan)
  yang dibacakan  
           
  Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang
  dibacakan    
           
  Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang
  dibacakan    
 | 
 
| 
   
Berbicara 
14.  Mengapresiasi kutipan
  novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi  
 | 
  
   
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau
  terjemahan) 
 14.2 
  Menanggapi
  hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 
 | 
 
| 
   
Membaca 
15.  Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi
  puisi   
 | 
  
   
15.1 Menjelaskan 
  alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)  
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi   
 | 
 
| 
   
Menulis 
16.   Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi
  bebas 
 | 
  
   
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan
  pilihan kata yang sesuai   
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan
  unsur persajakan   
 | 
 
Kelas IX,  Semester
1 
| 
    
Standar
   Kompetensi 
 | 
   
    
Kompetensi
   Dasar 
 | 
  
| 
   
Mendengarkan 
1.  Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio   
 | 
  
   
1.1   Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa
  narasumber pada tayangan televisi/siaran radio   
1.2   Mengomentari pendapat narasumber dalam
  dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran  radio 
   
 | 
 
| 
   
Berbicara 
2. 
  Mengungkapkan
  pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
  komentar dan laporan    
 | 
  
   
2.1   Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau
  produk) dengan bahasa yang lugas dan santun 
           
  Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan
  kalimat yang jelas  
 | 
 
| 
   
Membaca 
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif
  dan membaca memindai     
 | 
  
   
3.1   Membedakan antara fakta dan opini dalam
  teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif    
3.2   Menemukan informasi yang diperlukan secara
  cepat dan tepat dari indeks buku   melalui kegiatan membaca memindai  
 | 
 
| 
   
Menulis 
4. 
  Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,  resensi, dan karangan 
 | 
  
   
4.1   Menulis iklan baris dengan bahasa yang
  singkat, padat, dan jelas 
4.2   Meresensi buku pengetahuan  
4.3  Menyunting karangan dengan berpedoman pada
  ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan
  paragraf, dan kebulatan wacana 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
5.     
  Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan
  mendengarkan syair 
 | 
  
   
5.1   Menemukan tema dan pesan  syair yang diperdengarkan    
           
  Menganalisis unsur-unsur  syair yang diperdengarkan    
 | 
 
| 
   
Berbicara 
6.     
  Mengungkapkan kembali 
  cerpen dan puisi  dalam bentuk
  yang lain    
 | 
  
   
6.1   Menceritakan kembali secara lisan isi
  cerpen  
6.2  Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
  dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi  
        dan suasana/irama yang dibangun 
 | 
 
| 
   
Membaca 
7.     
  Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku
  kumpulan cerita pendek (cerpen) 
 | 
  
   
7.1   Menemukan tema, latar, penokohan pada
  cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen  
           
  Menganalisis nilai-nilai kehidupan  pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan
  cerpen  
 | 
 
| 
   
Menulis 
8.     
  Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
  pengalaman  dalam  cerita pendek 
 | 
  
   
8.1   Menuliskan kembali  dengan kalimat sendiri  cerita pendek yang pernah dibaca  
           
  Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang
  pernah dialami 
 | 
 
Kelas   IX,  Semester 
2 
| 
    
Standar
   Kompetensi 
 | 
   
    
Kompetensi
   Dasar  
 | 
  
| 
   
Mendengarkan 
9.      Memahami isi 
  pidato/khotbah/ceramah  
 | 
  
   
9.1   Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
  yang didengar 
           
  Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah  
 | 
 
| 
   
Berbicara 
10.  Mengungkapkan pikiran,
  perasaan, dan informasi  dalam pidato
  dan diskusi 
 | 
  
   
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan
  intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas 
                       
  Menerapkan prinsip-prinsip diskusi   
 | 
 
| 
   
Membaca 
11.  Memahami ragam wacana
  tulis dengan  membaca ekstensif,
  membaca intensif, dan membaca cepat   
 | 
  
   
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel
  dan  buku melalui kegiatan membaca
  ekstensif    
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel,  atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan
  membaca intensif    
11.3 Menyimpulkan
  gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 
  ± 200 kata per menit    
 | 
 
| 
   
Menulis 
12.  Mengungkapkan pikiran,
  perasaan, dan informasi dalam bentuk 
  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca 
 | 
  
   
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan
  menggunakan berbagai sumber 
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan
  sistematika dan bahasa yang efektif 
12.3 Menulis  surat
  pembaca tentang lingkungan sekolah 
 | 
 
| 
   
Mendengarkan 
13.  Memahami wacana sastra
  melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel 
 | 
  
   
13.1 Menerangkan  sifat-sifat tokoh dari kutipan  novel yang dibacakan   
13.2 Menjelaskan  alur peristiwa dari suatu sinopsis novel
  yang dibacakan  
 | 
 
| 
   
Berbicara 
14.  Mengungkapkan tanggapan
  terhadap pementasan drama    
 | 
  
   
14.1 Membahas pementasan  drama yang ditulis siswa   
14.2 Menilai mementasan
  drama yang dilakukan oleh siswa  
 | 
 
| 
   
Membaca 
15.  Memahami novel dari
  berbagai angkatan 
 | 
  
   
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat
  dalam buku novel angkatan  20-30 an 
15.2 Membandingkan karakteristik  novel angkatan  20-30 an  
   
 | 
 
| 
   
Menulis 
16.  Menulis naskah drama       
 | 
  
   
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang
  sudah dibaca 
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata 
 | 
 
      E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Post a Comment
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.