Tantangan
: Rendahnya
pemahaman para pemangku kepentingan (Pemerintah Pusat dan Daerah, Pelaku Usaha,
Akademisi, Tenaga Profesional, Pekerja dan Masyarakat Umum) Indonesia terhadap
MEA; Belum harmonisnya kebijakan antar Pemerintah di tingkat Pusat maupun
antara Pemerintah Pusat dan Daerah; Rendahnya penggunaan SKA Form-D; Mindset
masyarakat Indonesia secara umum melihat MEA sebagai ancaman bukan peluang; Rendahnya
daya saing produk Indonesia yang disebabkan oleh (permasalahan infrastruktur,
logistik, akses finansial dan energi); Jaringan bisnis Indonesia yang masih
lemah; Kompetensi SDM yang belum maksimal; Tingkat persaingan semakin ketat; Tuntutan
investor asing dan domestik makin tinggi; dan Konsumen semakin kritis dan
memiliki preferensi.
Sumber : Materi Kemendagri mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan tema “Menjadi Pemenang Pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015”
Link download : Materi Kemendagri
Post a Comment
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.