Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Inpres No. 5/2008 tentang Fokus Program Ekonomi; Inpres No. 11 Thn 2011 tentang Pelaksanaan; Komitmen Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN; Keppres No. 23 Thn 2012 tentang Susunan Keanggotaan Sekretariat Nasional ASEAN; Program pembangunan seperti MP3EI; Program Sistem Logistik Nasional (Sislognas); Penyusunan Inpres dan Roadmap Daya Saing; Policy Paper mengnai kesiapan Indonesia menghadapi AEC; Pembentukan Komite Nasional AEC 2015; UKP4 – Monitoring Langkah Pemerintah.

Upaya lain yang telah dilakukan Pemerintah untuk menghadapi AEC:  Perbaikan infrastruktur fisik (transportasi, telekomunikasi, jalan tol, pelabuhan, revitalisasi dan restrukturisasi industri, dan lain-lain). Peningkatan iklim usaha yang kondusif dan mengurangi ekonomi biaya tinggi vide reformasi bidang perpajakan, kepabeanan, dan birokrasi. Reformasi kebijakan (penyesuaian, persiapan dan perbaikan regulasi). Peningkatan kualitas sumber daya manusia di birokrasi, dunia usaha ataupun professional vide sistem pendidikan nasional. Pengembangan industri prioritas yang berdampak luas dan komoditi unggulan. Reformasi kelembagaan dan kepemerintahan Pengembangan sektor energi yang akan mendukung produksi nasional. Penciptaan national social safety net melalui kerangka kebijakan pengamanan. Mengintergrasikan komitmen AEC dengan MP3EI 6 (enam) koridor keunggulan ekonomi mencakup, sumber daya alam, industri dan jasa, pariwisata dan pangan, proses produksi tambang dan energi nasional, proses dan produksi perikanan, pertanian, perkebunan, minyak, gas dan tambang, pusat pertumbuhan pangan, perikanan, energi dan tambang nasional. Peningkatan awareness dan readyness pemangku kepentingan nasional termasuk masyarakat. Sosialisasi MEA melalui berbagai media secara comprehensif dan massif. Pembentukan Pusat Studi ASEAN di 11 Universitas Negeri (inisiatif pemerintah) dan 1 Universitas Swasta (inisiatif sendiri). 

Sumber : Materi Kemendagri  mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan tema “Menjadi Pemenang Pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015” 

Link download : Materi Kemendagri

Click to comment