Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi

Oleh : Debu Yandi

BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Tahukah anda bahwa di Kota Palangkaraya telah berdiri sebuah perkampungan tidak kumuh dan sangat layak untuk dihuni, gratis untuk pengelola kampungnya namun bayar bagi yang ingin menempati atau menjadi warga perkampungan ini. Aneh tapi nyata, memang begitu adanya. Jika anda tertarik ingin menjadi bagian dari warga perkampungan ini harus ikhlas mengeluarkan biaya Rp. 300.000 -- 700.000,-, dan biaya ini hanya untuk satu bulan saja.


Tahukah anda, bahwa prosedur untuk mendirikan sebuah perkampungan atau pemekaran desa bukan urusan yang mudah untuk dilakukan. Kurang lebih ada 13 tahapan yang harus dilakukan, dimulai dari prakarsa dan kesepakatan masyarakat untuk membentuk desa/ perkampungan hingga mengundangkan peraturan daerah di dalam lembaran daerah jika rancangan peraturan daerah tentang pembentukan desa/ perkampungan dianggap sah. Proses ini juga melibatkan Tim Kabupaten/ Kota dan Tim Kecamatan atas perintah Bupati/ Walikota. Proses begitu rumit dan panjang, serta persyaratan yang kadang membuat pembentukan desa/ perkampungan tidak selesai atau tidak jadi.
Pertanyaan serupa kemudian muncul, bagaimana mungkin orang Inggris mendirikan kampungnya di Kota Palangkaraya. Apakah ini ada kaitannya dengan ASEAN Economic Community 2015, atau orang Inggris ingin menguasai Kota Palangkaraya. Sekali lagi saya sarankan “Awas! Ada Kampoeng Inggris”.

Lalu, apa itu Kampoeng Inggris?

Kampoeng Inggris di Kota Palangkaraya bukan kampung biasa, yang terbiasa dengan banjir dan tanah longsor. Kampung ini merupakan lembaga pendidikan bahasa Inggris berinovasi memberikan pembelajaran bahasa dengan menerapkan pendekatan Intensive Language Immersion dimana mereka yang belajar dikondisikan untuk langsung menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari secara intensif dan dinamis dalam satu kawasan tempat tinggal.

Jadi, bagi anda yang ingin berkunjung atau hanya sekedar iseng-iseng nyambangin kampung ini siapkan dulu nyali dan saya sarankan bisa ngucapin “Yes or No”, kenapa demikian karena jika anda mengerti apa yang mereka ucapkan maka jawab “Yes” dan ternyata anda tidak mengerti jawab “No”. gampangkan! Atau gunakan bahasa dunia (maksud saya bahasa isyarat). Penjual bakso juga mikir mau dagang disini, tapi inilah salah satu kelebihan Kampoeng Inggris penjual bakso saja pakai bahasa Inggris, “bisa karena terbiasa” mungkin demikian ungkap penjual bakso.

Lantas, siapa mereka yang berani mendirikan kampung ditengah kota?

ini dia, dua teman yang saya maksud...
Hanya 2 orang yang saya kenal dekat, selebihnya masih belum. Hebatnya, mereka berdua ini dulunya sering saya traktir makan, dan ketika menjadi salah satu bagian dari Kampoeng Inggris salah satu dari mereka (Rakhdinda Dwi Artha Qairi) pernah mentraktir saya. Pemuda kelahiran Pantai Lunci ini dengan panggilan akrab “ondol” ketika bertemu hobi banget ngomongin soal wirausaha dan bisnis, pemuda yang akrab dengan pantai namun hingga saat ini tidak bisa berenang. Ondol merupakan alumni Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Kemudian satunya Choirul Fuadi, pemuda biasa lulusan Pendidikan bahasa Inggris memiliki hobi yang sama dengan saya dibidang jurnalistik, pernah magang di salah satu media lokal dengan saya khusus untuk wartawan kriminal. Bisa dibayangkan tampangnya seperti apa. Cukup menyeramkan untuk menjadi seorang pelatih di Kampoeng Inggris. Sayangnya, pemuda yang memiliki perawakan kurus ini tidak pernah mentraktir saya makan, atau hanya sekedar menyantap gorengan di pinggir jalan.
Mereka berdua sosok pemuda yang ku kenal memiliki banyak mimpi dan mereka percaya bahwa Kampoeng Inggris awal dari jalan untuk menuju kesuksesan itu, terbukti beberapa event international pernah mereka ikuti, menjadi perwakilan pemuda Kalimantan Tengah, dan Pemuda Indonesia di kancah dunia.
Berikut ini Team Kampoeng Inggris Standford :
Manager:
Luqman Baehaqi, S.S., M.Pd.

Staffs and Teachers:
Rakhdinda Dwi Artha Qairi, S.Pd.
Choirul Fuadi, S.Pd.I
Haji Abdul Karim
Muhammad Patjrianur
Inna Miftahul Ulum
Mila Silviani
Uswatun Khasanah

Apa saja keuntungan menjadi warga Kampoeng Inggris?

Menawarkan dua model sistem penguasaan dan peningkatan Bahasa Inggris berbasis penelitian, yaitu:
Program Unggulan:
Program Super Intensif Kos-kosan Bahasa Inggris
Anda akan tinggal dalam lingkungan kos berbahasa Inggris 24 jam. Penguasaan Bahasa Inggris secara intensif mengarah pada ketrampilan Speaking dan Writing (productive skills) dan ketrampilan Listening dan Reading (receptive skills). Cocok bagi anda yang ingin segera menguasai bahasa Inggris dalam waktu singkat untuk karir atau melanjutkan sekolah ke luar negri.

Program Kursus Reguler
Seperti kursus regular pada umumnya. Anda menghadiri pembelajaran sesuai jadwal. Program pembelajaran dilaksanakan seminggu 2x atau 3x berdasarkan pilihan paket. Paket 1 kursus dilaksanakan selama 18x pertemuan (2,5 – 3 bulan)
***
Toddler I-IV (anak dibawah usia 7 tahun)
Happy Kids I-IV (anak usia 7-12 tahun)
Basic I-IV (SMP-SMA-mahasiswa level bahasa dasar)
Basic Adult (dewasa level dasar)
Intermediate I-IV (level kemampuan bahasa menengah)
Advanced I-II (level kemampuan mahir)
Conversation (telah lulus minimal level intermediate)
Grammar for Writing I-IV (berdasar placement test)
English Akademik Writing Tutorial I-IV (lolos tes GfW level IV)
TOEFL/ IELTS/ TOEIC-like Preparation
English for Specific Purpose (ESP) (sesuai bidang kerja/ keilmuan)
Home Visit English Learning (privat)
English Teaching Training (khusus guru dan mahasiswa)
EFLResearch Training (khusus dosen, guru, mahasiswa prodi bahasa Inggris)

Apa saja fasilitas yang didapat?

Podcast/ Videocast
Authentic Material
Daily Journal Check
Certificate
Library
Wifi Area
Realia
Texbook
Drink
E-book
Konsultasi Beasiswa Luar Negri

Jika anda tertarik, silakan hubungi :

JL. G. Obos XIII, Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Mr. Luqman Baehaqi, S.S., M.Pd. - 081349084438
Mr. Rakhdinda Dwi Artha Qairi, S.Pd. - 085654097511

kampunginggrisstandford@gmail.com
Facebook fanpage: Kampoeng Inggris Standford
Twitter account: @_standford


Semoga anda salah satu bagian dari mereka. Wujudkan mimpi dan cita-citamu, awali dengan menjadi warga di Kampoeng Inggris Kota Palangkaraya.

Click to comment