Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
Pemuda Indonesia mempunyai tugas dan tanggungjawab yang besar untuk mengawal jalannya pembangunan bangsa, tidak hanya menjadi obyek pembangunan tetapi seharusnya menjadi subyek dalam pembangunan bangsa. Pemuda harus dapat memposisikan dirinya sebagai penentu arah pembangunan Nasional. Hal ini yang kemudian menjadi dasar dari kementerian pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Studi pembangunan Nasional (SPN) Kepemudaan tahun 2015, 18-20 Agustus 2015 di Menara Peninsula Hotel, Jakarta Barat.
Menyadari akan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan, DPD KNPI Kalimantan Tengah melibatkan salah satu pengurus yang diwakilkan oleh Yandi Novia, Ketua Bidang Pelajar dan Mahasiswa. Harapannya bisa menjadi perwakilan pemuda Kalteng untuk dapat memformulasikan konsepsi pembangunan nasional sebagai masukan untuk menyusun RPJMN periode 2015-2019.

Sebagai informasi, saat ini kita tengah memasuki tahapan ke tiga dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Nasional untuk periode tahun 2015-2019. Bangsa ini harus harus lebih memperteguh tekadnya, untuk bersama-sama mengatasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi serta memanfaatkan semua potensi dan peluang yang ada.

Semua ini dilakukan bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita luhurnya, yakni : pertama terwujudnya peningkatan kesejahteraan rakyat, melalui pembangunan ekonomi yang berlandaskan pada keunggulan daya saing, kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia dan budaya bangsa, yang didukung sepenuhnya oleh kemajuan penguasaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.


Kedua, terwujudnya masyarakat, bangsa dan negara yang demokratis, berbudaya, bermartabat dan menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggung jawab serta Hak Asasi Manusia. Ketiga, terwujudnya pembangunan yang adil dan merata, yang dilakukan oleh seluruh masyarakat secara aktif, yang dihasilkan dapat dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia.

Kegiatan yang mengambil tema “Memperkokoh Pembangunan Nasional kepemudaan Melalui Proses Penyadaran, Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda”, ini bertujuan mengkaji dan mengevaluasi konsep, arah dan strategi pembengunan Nasional Kepemudaan, merusumkan konsep pembangunan diberbagai bidang, melahirkan konsep alternatif, melibatkan pemuda sebagai subyek pembangunan tidak hanya sekedar obyek pembangunan, dan terakhir menumbuhkan partisipasi pemuda untuk lebih berperan aktif turut serta dalam merumuskan perencanaan Pembangunan Nasional Kepemudaan. [@debuyandi] #kemenporaRI

Click to comment