Type something and hit enter

author photo
By On
Sabung Ayam Online dengan Promo Bonus Terbaik Indonesia
PALANGKA RAYA - Mengambil tema "Mempertegas Identitas dan Komitmen Gerakan Demi Kalteng Berkemajuan" Musyawarah Daerah (Musyda) XIII Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kalimantan Tengah dibuka pada 28 April 2016 di Aula PWM Kalteng yang langsung dihadiri oleh Abdan Syakura DPP IMM Bidang Organisasi.

Musyda XIII periode 2013-2015 masa kepemimpinan Yandi Novia mencoba merumuskan kembali pemetaan gerakan IMM untuk eksistensi dan mengembalikan semangat juang kader, sehingga IMM mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap Kalimantan Tengah itu sendiri. Harapannya dalam Musyda ini, kader-kader IMM yang berkesempatan mengikuti adalah mereka yang benar-benar serius untuk kembali pertegas identitas dan komitmen bersama bukan hanya sekedar mengikuti rutinitas yang seharusnya dilakukan.

Musyda kali ini diagendakan akan dihadiri oleh Pimpinan Cabang (PC) IMM se Kalimantan Tengah yakni  PC IMM Kota Palangka Raya, PC IMM Kotawaringin Timur, PC IMM Seruyan, PC IMM Kapuas, PC IMM Barito Timur, PC IMM Persiapan Pulang Pisau, PC IMM Persiapan Katingan, serta dari perwakilan dari seluruh komisariat IMM yang ada.

Musyarah kali ini bukan hanya pentas unjuk daya kritis kader dari masing-masing PC, namun hal yang lebih penting adalah kembali menghayati dan mencoba lebih terilhami dari rasa perjuangan yang telah dilakukan dengan pertanyaan besar "sudah sejauh mana perjuangan yang kita lakukan?" Jika selama ini kita merasa pergerakan kita "tumpul" hanya berkutat pada sisi "biasanya" berarti kita harus bergegas untuk berbenah diri, mencari titik lemahnya kita, dan bangkit dengan teriakan lantang "fashtabiqul khairat".

Harapannya kader-kader IMM Kalteng tidak terbuai dengan pencapaian-pencapaian selama ini, masih banyak program-program kerja yang sebelumnya telah tersusun rapi belum mampu dimaksimalkan. Di mana peran kader IMM sesungguhnya? Berkaca pada Musyda kali ini, kepengurusan DPD IMM Kalteng periode 2013-2015 hanya tersisa beberapa orang, pengurus-pengurus lainnya tengah sibuk dengan dunia mereka yang sesungguhnya, mengamalkan hasil dari pengakaderan di IMM, sejatinya mereka pernah berjuang di IMM dan hingga sampai saat ini mereka terus mengabdi di Muhammadiyah.

Dua hal yang menjadi substansial dalam Musyda XIII DPD IMM Kalteng periode 2013-2015 ini yakni, pertama; Mempertegas Identitas, kadang kita lupa bahwa IMM kadang goyah dalam hal mempertahankan identitas sehingga mudah terombang-ambing, mengikuti arus pergerakan yang tidak seharusnya diikuti. Berangkat dari hal ini, IMM Kalteng ke depan harus kembali pertegas identitas dengan hadirnya kepengurusan yang baru dan semangat baru IMM Kalteng periode 2015-2017. Kedua; Komitmen Gerakan, IMM dengan trikompetensi dasar yakni Religiusitas, Intelektualitas, dan Humanitas harus mampu mencapai tiga basis gerakannya yang dimulai dari keagamaan, mahasiswa, dan masyarakat, yang tentunya telah mencakup banyak aspek (pendidikan, ekonomi, politik, hukum, dan lainnya). Kader-kader IMM haruslah komitmen dengan gerakan-gerakan yang ada dengan tidak menafikkan gerakan-gerakan "baru" yang tidak pro dengan ideologi pergerakan itu sendiri. Komitmen Gerakan mengembalikan kita pada semangat Al-Ma'un dan Berfahstabiqul Khairat, terus berjuang, berinovasi, dan tampil lebih kreatif, sehingga IMM tidak mudah untuk digoyahkan dan tidak dipandang sebelah mata oleh siapapun.

Harapan saya selaku demisioner Ketua Umum DPD IMM Kalteng periode 2013-2015, kehadiran kader-kader mampu mewarnai pergerakan IMM ke depan, mempertajam pola gerakan dan pengkaderan, memaksimalkan peran dan fungsi kader, berbenah diri dengan mencari titik lemahnya kita di mana, dan kembalikan semangat juang kita dengan tetap dalam satu "ikatan" yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Jaya IMM ku
Aku Bangga Menjadi Kader IMM
Billaahi Fi Sabilil  Haq Fastabiqul Khairat

Yandi Novia
Ketua Umum DPD IMM Kalteng Periode 2013-2015


Click to comment