Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Pengguna android sudah pasti berhubungan dengan Google Play Store, yang merupakan toko aplikasi resmi, terpercaya dan rekomendasi pertama untuk pengguna android. Aplikasi yang beragam bisa anda dapatkan, baiknya gratisan sampai yang berbayar. Bahkan aplikasi abal-abalpun bisa dengan mudah di share dan didapatkan.

Bagi kamu pengguna android yang selalu berhubungan dengan Play Store, harus mengetahui bahwa tidak semua aplikasi di Play Store itu aman. Bahkan menurut data riset di awal bulan Maret lalu menyebutkan, lebih dari 132 Aplikasi mengandung malware di Play Store.

Jadi, berhati-hatilah ketika mendownload sebuah aplikasi di Play Store. Berikut hal yang bisa kamu lakukan:

Seberapa Banyak Pengunduh Aplikasi Itu
Pertama kali kamu harus cek berapa banyak yang sudah mengunduh aplikasi yang ingin kamu download, karena sulit membedakan mana aplikasi yang abal-abal dan yang benar. Semakin banyak yang mendownload aplikasi itu, maka secara otomatis aplikasi itu semkain bisa dipercaya.

Rating dan Ulasannya Harus Kamu Cek
Aplikasi yang baik akan mendapatkan ulasan yang baik dari pengguna. Biasanya hal ini akan berhubungan dengan rating (tanda bintang) yang diberikan oleh pengguna. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas sebuah aplikasi.

Ini Penting, Cek Permission Aplikasinya
Pengguna android yang cuek dan kurang memperhatikan keamanan sebuah aplikasi dan keamanan android kesayangannya biasanya akan menginstal dengan tanpa membaca informasi yang memberitahu bahwa aplikasi itu akan dapat mengakses apa saja. Sehingga ia langsung oke/ lanjut terus untuk menginstal. Hal ini sangat penting, karena jika kita tidak memperhatikan maka bisa jadi aplikasi juga akan mengakses hal-hal yang tidak masuk akal di adroid kamu. Misalkan, membaca sms kamu, melihat password media sosial kamu. Begitulah bahayanya kira-kira. Jadi berhati-hatilah.

Terakhir, Antivirus
Jangan pernah mengabaikan antivirus yang dimiliki android sobat, walaupun biasanya android sudah mempunyai antivirus bawaan. Namun, kami sarankan untuk menggunakan antivirus lainnya yang terpercaya seperti Avast, MCAfee, Kaspresky dan lainnya. Silakan download salah satu.

Info antirvirus terbaik, terpercaya dan ringan di android akan Blogger Kalteng uraikan di artikel selanjutnya.

Jadi, perhatikan hal-hal yang sudah Blogger Kalteng jelaskan di atas untuk menjaga keamanan android kesayangan sobat semuanya.
***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment