Type something and hit enter

author photo
By On
Sabung Ayam Online dengan Promo Bonus Terbaik Indonesia
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Salah satu aktivitas saya adalah membidangi Advocation, Communication and Social Mobilitation (ACSM) di Community TB-HIV Care Aisyiyah Sub Recipient Kalimantan Tengah. Salah satu program berbasis masyarakat yang dikelola oleh Organisasi Aisyiyah dengan membawa misi, salah satunya adalah menggerakkan masyarakat untuk peduli menanggulangi penyakit TB-HIV di keluarga, komunitasnya, lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Baca juga : Rakornas TB-HIV Care Aisyiyah, Bahas Strategi Dalam Capaian Suspek

Sebagai upaya untuk mendorong dan mewujudkan misi tersebut, Community TB-HIV Care Aisyiyah SR Kalimantan Tengah pada tanggal 23-25 September 2017 telah melaksanakan kegiatan pelatihan di bidang Advokasi, yakni Capacity Building of CSO (Program Management and Fundraising), di Aula PW Muhammadiyah Kalteng.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta baik yang berasal dari organisasi/ komunitas, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta mahasiswa yang peduli terhadap penyakit Tuberkulosis dan HIV-AIDS di Kalimantan Tengah, terutama di Kota Palangka Raya.

Narasumber berasal dari Majelis Pemberdayaan Masyarakat PW Muhammadiyah Kalteng Bapak Heru Setiawan, SP, Direktur Lazismu Kalteng Bapak Priyono, S.HI dan Ady Praditha, S.Kep Ns selaku Pelatih Kaloborasi TB-HIV Kalimantan Tengah.

Tujuan dari kegiatan ini yakni, pertama meningkatkan pemahaman peserta tentang konsep management program dan penggalangan sumberdaya (fundraising); kedua meningkatnya keterampilan peserta (CSO) mengenai teknik perencanaan program, teknik analisa kebutuhan program, penyususnan strategi pelaksanaan program serta evaluasi program berkenaan dengan isu kesehatan khususnya program TB-HIV.
Kemudian, ketiga meningkatnya keterampilan peserta (CSO) dalam upaya penggalangan potensi dan sumberdaya melalui proses fundraising sebagai upaya keberlanjutan program penanggulangan TB yang berkesinambungan; dan keempat bertambahnya jumlah CSO yang capable dalam mengelola program kesehatan sebagai upaya bersama menanggulangi penyakit TB-HIV yang lebih terorganisir dan terarah.

Harapannya, setelah peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah terwujudnya komitmen bersama terhadap penanggulangan TB-HIV berbasis kelompok masyarakat di Kota Palangka Raya. Kelompok masyarakat ini kemudian akan menjadi gerakan Kelompok Masyarakat Peduli (KMP) TB-HIV di Kota Palangka Raya.

***
Yandi Novia
ACSM Specialist
Community TB-HIV Care Aisyiyah Global Fund ATM
Sub Recipient Kalimantan Tengah
Jln. RTA. Milono, KM. 1,5 (Komplek Perguruan Muhammadiyah)
Kota Palangka Raya

Hubungi saya :

089-692-476-907
085-348-675-333

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment