Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Kehadiran Dr H Rahmat Nasution Hamka, SH, M Si Anggota DPR RI Dapil Kalteng di SMA Negeri 1 Kota Palangka Raya memompa semangat bagi siswa-siswi pagi ini, Selasa (24/07). Tidak hanya mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, siswa-siswi juga diberikan motivasi untuk lebih semangat dalam menggapai masa depan mereka.
“Anak-anak ku sekalian, jangan pernah takut untuk bermimpi dan bercita-cita, karena dengan itu kita akan tahu apa yang harus dilakukan ke depannya. Tapi jangan lupa, semua harus dibarengi dengan kerja keras,” ungkap Rahmat Hamka.
Kegiatan rutin Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan ini dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa patriotisme dan jiwa Pancasila di kalangan pelajar, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Kebangsaan yang tercantum dalam Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan pilar penyangga negara dan bangsa.
“Kalau bukan kita, apalagi kalian generasi penerus yang menjaga keutuhan NKRI ini siapa lagi? Ini adalah tugas kita bersama, sedini mungkin kita harus berbuat. Secara sederhana, kalian sekarang berstatus pelajar, nah tugas kalian adalah mempelajari apa itu Empat Pilar Kebangsaan,” jelasnya.
“Jika sudah dipelajari, kemudian dipahami, lalu amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita mampu, sosialisasikan kepada masyarakat luas,” tambahnya.
Dalam paparannya di 2 (dua) kelas berbeda, Rahmat Hamka juga menekankan dan memberikan penyadaran pada siswa-siswi apa tantangan kedepan bagi mereka sebagai generasi penerus.
“Ke depan, tantangan kalian sebagai generasi penerus adalah berkembangnya tekhnologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang akan menandingi Sumber Daya Manusia. Artinya peran manusia akan digantikan oleh Kecerdasan Buatan ini. Jadi, jangan lengah, mulai dari sekarang berkompetisilah, belajarlah lebih giat lagi,” terangnya.
Sementara itu pihak sekolah juga menyambut baik dengan adanya kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini. Melalui Bapak Anwidur, Wakahumas SMA Negeri 1 Kota Palangka Raya berterima kasih dan berharap kegiatan seperti ini ke depannya dilaksanakan lagi.
“Sosialisasi ini sangat baik dan sangat bagus, dengan adanya sosialisasi ini akan menambah wawasan siswa kita tentang bagaimana hidup berbangsa dan bernegara, menjadikan sebuah negara yang kokoh, tentunya harus memiliki fundamen bagai anak-anak, apalagi mereka sebagai generasi penerus. Kami berharap ke depan diadakan lagi untuk kelas-kelas yang lain, sehingga siswa-siswa kita pada umumnya akan mengetahui apa itu Empat Pilar Kebangsaan sebagai pondasi untuk menjadi NKRI utuh menyeluruh,” ungkap Bapak Adwidur.
Di akhir, Iqbal (Kelas XII IPA 2) Ketua Osis SMA Negeri 1 Kota Palangka Raya sangat mengapresiasi kehadiran Anggota DPR RI ke sekolah mereka.
“Sebagai siswa kami merasa senang, ada pemimpin yang langsung datang ke sekolah, tidak hanya duduk di kantornya. Banyak hal yang kami dapatkan dari sosialisasi ini dan menambah semangat kami lagi dalam belajar”, ungkapnya.
***
Penulis : Debu Yandi | Blogger Kalteng
Berita ini juga telah terbit di beritasampit.co.id dan radar sampit.

Click to comment