Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Saat kamu berjalan-jalan sore hari di objek Wisata Dermaga Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan penangkap ikan di Danau Sebangau biasanya menjual jenis ikan, kepiting dan udang hasil tangkapan mereka.

Selain ikan hidup yang mereka jual, ikan yang sudah diolah juga ada. Misalnya abon ikan dan ikan asin atau "pundang" dalam bahasa Dayak Ngaju.

Nah, kali ini Blogger Kalteng sempat merekam salah satu hasil tangkapan warga sekitar. Yakni, Udang yang berwarna hitam. Udang jenis ini hanya hidup di sungai-sungai hutan Kalimantan Tengah (mungkin di daerah lain juga ada).

Warna Udang ini mungkin dipengaruhi oleh air sungai dengan struktur tanah gambut. Rasa udang ini saat dimasak hampir sama dengan udang pada umumnya. Hanya saja udang jenis ini lebih terasa manis.

Udang ini cukup sulit didapat. Biasanya di daerah pedesaan udang ini hanya bisa didapat pada saat kemarau dan air sungai surut. Saat itulah masyarakat menangkap udang dengan cara "Ngaruhi" dengan peralatan khusus.

Baca artikel tentang Ngaruhi : Ngaruhi Kearifan Lokal Masyarakat Dayak Ngaju Dalam Mencari Ikan

Nah, jangan lupa saat mampir di Objek Wisata Dermaga Kereng Bangkirai membeli udang ini yaa..

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment