Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Terakhir saya update blog ini pada tanggal 18 Agustus 2019. Dan sekarang tanggal 1 Oktober 2019. Cukup lama. Saya seorang freelance. Saat blog ini tidak terupdate, maka saya sedang punya pekerjaan.

Saya menulis kali ini karena terinspirasi dari sebuah film yang saya tonton. Film itu baru saja berakhir.

Dari rentang waktu cukup lama itu, saya hanya menonton 6-7 film. Ada dua film yang cukup menginspirasi saya. Pertama, Finding Forrester (2000). Kedua, Trumbo (2015).

Kedua film itu, mengisahkan tentang kegigihan. Kadang, pekerjaan yang dilakukan, kita tidak tahu ke depan akan menjadi apa. Menjadi apa kita oleh pekerjaan itu, menjadi seperti apa kehidupan kita di kemudian hari, dan jika semua dilakukan dengan baik, gigih, komunikasi yang baik dengan orang lain maka seperti kata pepatah "akan ada pelangi setelah hujan".

Trumbo misalnya, dia seorang penulis naskah film. Berhasil melalui kehidupannya yang cukup menyedihkan. Masuk dalam daftar hitam Hollywood. Naskah Film yang Trumbo tulis di somasi dan ditolak oleh beberapa kalangan. Bahkan oleh negara. Ia dipenjara selama 1 tahun. Trumbo keluar tahun 1951.

Banyak reputasi industri perfilman hancur. Karena, naskah yang jelek. Beberapa sutradara dan pimpinan perusahaan menginginkan jasa Trumbo untuk menulis naskah. Ia terima, namun namanya menjadi anonim dalam karya-karyanya. Imbas dari daftar hitam Hollywood.

Beberapa naskah film yang Trumbo tulis mendapat penghargaan. Namun, bukan namanya. Ia menggunakan nama samaran, bahkan orang lain yang mengambil peran.

Rupayanya, masa itu, Trumbo lah yang terbaik dalam menulis naskah film. Beberapa media mencurigai bahwa memang ia di balik semua film yang telah mendapat penghargaan tersebut.

Rumor keterlibatan Trumbo dalam beberapa film tersebut rupayanya membuat media dan orang-orang penasaran.

Puncak dari keberhasilan Trumbo adalah menulis naskah film Spartacus yang diadaptasi dari Novel Exodus. Tahun 1958, Trumbo mengakui bahwa ia di balik semua film hebat yang mendapat penghargaan tadi.

Kemudian besoknya harinya, di halaman depan majalah New York Times sutradara Film Spartacus memberikan jawaban siapa penulis film hebat tersebut.

"Otto Preminger Announces "Exodus" Written by Dalton Trumbo", begitu judul yang diberitakan oleh majalah New York Times.

Cerita selanjutnya sangat menarik. Silakan tonton atau download di link berikut :
Film Trumbo (2015)

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment