Blogger Kalteng

Materi Genre Keterampilan Hidup (Life Skills)



Bahan Pembelajaran 5:
(Pengelola, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya)

Keterampilan Hidup
(Life Skills)

I.      Konsep Keterampilan Hidup
Keterampilan Hidup adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan, yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif. (DEPDIKNAS, 2002)

II.    Tujuan
A.   Tujuan PembelajaranUmum
Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Hidup untuk dipraktikkan agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, serta dapat digunakan dalam mengatasi risiko TRIAD KRR, mempersiapkan kehidupan berkeluarga, dan tantangan hidup lainnya dalam rangka mewujudkan Generasi Berencana.

B.   Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mempelajari modul ini peserta diharapkan dapat:
1.    Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Fisik.
2.    Meningkatkanpengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Mental.
3.    Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Emosional.
4.    Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Spiritual.
5.    Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Kejuruan.
6.    Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang Keterampilan Menghadapi Kesulitan.
III.   Jenis Keterampilan Hidup
A.   Keterampilan Fisik
Keterampilan fisik adalah kemampuan seseorang yang ditunjukkan secara fisik, seperti melihat, bersuara, mencium, merasa, menyentuh, dan bergerak.
1.    Keterampilan fisik ditandai dengan kemampuan seorang remaja untuk memilih makanan, berolah raga dan beristirahat secara seimbang.
2.    Keterampilan memahami tubuh dan merespon kebutuhan tubuh sendiri. Makna sehat yang hakiki adalah bagaimana kita bisa tahu cara mencegah penyakit. Yaitu dengan memahami kondisi dan kemampuan tubuh kita dan menjalankan pola hidup sehat. Komunikasi yang terjalin baik antara kita dengan tubuh kita akan menghasilkan mekanisme tubuh yang baik pula. Semakin kita memahami bahasa tubuh kita, semakin baik pula komunikasi yang terjalin antara kita dan tubuh kita.   
3.    Keterampilan mengatur pola makan dan olah raga
Pada dasarnya, sehat dimulai dari apa yang kita makan. Kita perlu mulai berpikir dan berbuat, bagaimana caranya agar dapat membuat makanan yang bukan hanya enak di lidah tapi juga sehat di badan. Untuk kelangsungan hidupnya, manusia membutuhkan makanan terutama makanan bergizi seimbang. Zat-zat gizi utama yang terkandung pada makanan adalah :
a.    Karbohidrat
Karbohidrat dianjurkan 60% dari total kalori dalam sehari. Diperoleh dari nasi, jagung, gandum, tepung, terigu, sagu, roti, bihun, kentang, pastadan umbi-umbian lainnya.
b.    Protein
Protein dibutuhkan berkisar antara 20-50% dari total kalori yang diperoleh dari kacang kedelai, kacang tanah, ikan laut dan tawar, daging ayam tanpa kulit, daging sapi dan kerbau.
c.    Lemak
Lemak dianjurkan tak lebih dari 25% dari total kalori yang meliputi lemak hewani dan nabati, misalnya minyak goreng, mentega, alpukat, kelapa, dsb.


d.    Vitamin
Vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna kurang lebih 10% untuk tubuh
e.    Mineral
Mineral dapat diperoleh dari buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat sebanyak 10%
f.     Air
Air dibutuhkan hingga 50% dari konsumsi tubuh. Air dapat diperoleh dari buah-buahan atau masakan berkuah selain air putih sebanyak 1,5 – 2 liter.
Disamping menjaga pola makan, remaja juga diharapkan dapat menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar dan fit melalui kegiatan olah raga yang mudah dan murah, seperti jalan, lari,voli, renang, basket dan lain-lain. Manfaat olah raga bagi tubuh, berguna untuk menyehatkan diri, baik jasmani dan rohani.
4.    Keterampilan mengelola tidur
Perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dalam tubuh umumnya dilakukan dikala istirahat/tidur. Maka apabila kita sering kurang tidur atau tidak memiliki kualitas tidur yang baik, cepat atau lambat akan mengganggu stabilitas daya tahan tubuh kita dan memacu munculnya penyakit. Seorang remaja yang sering kurang tidur, maka tidak akan bersemangat dalam menjalankan aktifitasnya dan tidak berkonsentrasi dalam menerima pelajaran di sekolah. Kualitas fisik, mental dan emosional bisa sangat dipengaruhi oleh baik/tidaknya kualitas tidur seseorang.

B.   Keterampilan Mental
1.    Keterampilan mempercayai dan menghargai diri
Percaya diri diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri, serta dapat mengukur suatu perbuatan dari segi baik atau buruknya. Dengan kepercayaan diri dan penghargaan terhadap diri sendiri, remaja diharapkan dapat menilai apakah aktifitas yang dilakukan bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya atau bahkan sebaliknya akan merugikan orang lain dan dirinya.
2.    Keterampilan berpikir positif
Berpikir positif adalah sebuah keterampilan untuk dapat melihat sisi positif mengenai suatu hal, peristiwa, kejadian atau pengalaman. Remaja perlu mengembangkan kemampuan dan keterampilan berpikir positif untuk membantu dirinya dan meringankan bebannya dalam menghadapi tantangan dan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Keterampilan mengelola stres
Mengelola stres bukan sekedar mengurangi stres, tetapi juga mengelola situasi yang menyebabkan stres. Mengelola stres berarti menemukan jenis, cara, dan waktu stress yang tepat sesuai dengan ciri khas individu, prioritas, dan situasi hidupnya untuk mencapai kinerja dan kepuasan maksimal.
4.    Keterampilan mengambil keputusan dan memecahkan masalah
Pengambilan keputusan adalah sebuah keterampilan yang membantu remaja untuk menghadapi berbagai keputusan dalam hidup secara konstruktif. Keterampilan ini dapat dipelajari dan dipraktikkan. Ada 3 langkah sederhana untuk belajar mengambil keputusan secara efektif yaitu :
1.    Jelaskan atau identifikasi dengan jelas keputusan apa yang harus diambil atau masalah yang harus dipecahkan.
2.    Pertimbangkan pilihan-pilihan yang ada dan apa yang akan terjadi pada setiap pilihan.
3.    Pilihlah pilihan yang paling baik.

Mohon maaf, silakan kunjungi link berikut untuk materi kelanjutannya. alert-info

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post