Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi

Judul
Penulis
Penerbit
Cetakan
Tebal
ISB

:
:
:
:
:
:
Mencari Mutiara di Dasar Hati “Catatan Perenungan Ruhani”
Muhammad Nursani
Tarbawi Press
VII, 2009
284 hlm. 17,5 cm. Times New Roman 10,5
-



Saudaraku, genggam erat-erat keimanan kita. Kenalilah diri. Pahami kebiasaannya. Rasakan setiap getaran-getaranya. Lalu berhati-hati dan kontrollah kemauan dan kecenderungan. Waspadailah kekurangannya dan manfaatkan kelebihannya. Berdoalah kepada Allah agar Ia menyingkapkan IlmuNya tentang diri. Sebagaimana senandung doa yang dilantunkan Yusuf bin Asbath, murid Sofyan Ats Tsauri: “Allahumma arrifni nafsii” Ya Allah kenalkan aku dengan diriku…jiwa manusia banyak menyimpan rahasia. Misteri hati dan jiwa manusia sulit dikenali dengan baik kecuali dengan bantuan Allah swt., kepada kita. Karena itu ulama terkenal yang ahli dalam masalah kejiwaan Sahal bin Abdillah mengatakan bahwa mengenali diri sendiri itu lebih sulit dan lebih halus dari pada mengenali musuh. Artinya, aib dan kekurangan yang terselubung dalam diri, sangat sulit dideteksi, dan harus dibuka oleh Allah agar seseorang dapat membersihkan diri dan jiwanya.
Demikian seuntai kata yang tersimpan dalam lembaran buku kecil ini, yang awalnya adalah kumpulan Rubrik Ruhaniyat yang merupakan salah satu Rubrik tetap majalah Tarbawi, Rubrik ini memang di arahkan untuk membahas tema-tema yang bersifat spiritualitas dan keruhanian. Penulisnya Muhammad Nursani, sudah menjadi penanggungjawab tetap Rubrik Ruhaniyat sejak edisi pertama majalah Tarbawi.
Nah, dalam perjalanannya karakter dan gaya penulisan Rubrik Ruhaniyat, semakin lama semakin terbentuk dan mempunyai karakter tersendiri yang mengundang minat para pembaca, sampai akhirnya mendapat berbagai usulan baik dari para pengurus Rubrik itu sendiri maupun dari para pembaca untuk membukukan Rubrik ini.
Buku kecil ini adalah kumpulan naskah Rubrik Ruhaniyat, yaitu seri I yang berjudul “Mencari mutiara di Dasar Hati. Catatan perenungan ruhani.
Gaya bahasa yang digunakan sangat puitis dan kaya akan gaya sang motivator saat menyampaikan ceramah atau trainingnya. Sangat cocok dengan nuansa yang penuh warna saat sekarang. Semoga buku ini mampu lebih meningkatkan semangat kedekatan kita semua kepada Allah SWT., kedekatan yang selalu membawa keteguhan saat kita harus mengarungi hidup dengan segala bentuk ujiannya.
Selamat membaca……
By’ debu

Click to comment