Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi

S1 Ahwal Al Syakhsyiyyah Jurusan Syari’ah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya setiap tahunnya menerima mahasiswa dengan beasiswa bebas kuliah dan diasramakan secara gratis serta ditanggung kebutuhan hidup di dalamnya selama menempuh kuliah. Dengan syarat dan ketentuan yang telah di atur sebelumnya oleh pihak kampus dan pembimbing mahasiswa asrama.

Mahasiswa S1 Ahwal Al Syakhsyiyyah yang mendapat beasiswa gratis kuliah adalah mahasiswa dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. Mahasiswa yang di rekomendasikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah dibuktikan dengan surat rekomendasi ditandatangani oleh Pimpinan/ Wakil Pimpinan dan Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat;
  2. Merupakan anak dari kader/aktivis/anggota Muhammadiyah setempat;
  3. Siap mengemban amanah dan tanggung jawab menjadi kader Muhammadiyah baik selama menempuh perkuliahan dan ketika lulus siap mengembangkan Muhammadiyah di daerah masing-masing;
  4. Direkomendasikan untuk kuliah dengan jurusan S1 Ahwal Al Syakhsyiyyah;
  5. Wajib mengikuti semua kegiatan-kegiatan menjadi mahasiswa yang diasramakan, diantaranya : (1) Bimbingan rutin (pengajian dan kajian) setiap ba’da subuh di Masjid darul Arqam Komp. Perguruan Tinggi Muhammadiyah Palangkaraya dan Mushalla Istiqomah, sesuai dengan yang telah dijadwalkan; (2) Menghafal Al Qur’an minimal juz 30 dan akan lebih baik jika mampu menghafal beberapa juz; (3) Menghafal hadits-hadits, terutama hadits arbain an-nawawi; (4) Bimbingan bahasa arab; (5) Bimbingan belajar Al Qur’an (memperbaiki bacaan); dll.
  6. Wajib tinggal di asrama yang telah disediakan, yaitu asrama mahasiswa Program Kader Ulama Muhamamdiyah (PKUM) di jalan Melati No. 23 Komp. PCPR Kota Palangka Raya.
  7. Setiap mahasiswa mendapatkan Rp. 100.000,-/bulan dan akan dikelola sebagai uang makan/minum selama di asrama oleh ketua asrama.
  8. Menjaga nama baik diri sendiri, fakultas/jurusan serta almamater;
  9. Tidak merokok di area asrama, kampus/ area amal usaha Muhammadiyah.
  10. Dan lainnya.


Demikian syarat dan ketentuan menjadi mahasiswa PKUM atau mahasiswa yang mendapatkan beasiswa gratis kuliah kecuali (biaya praktek ibadah sebesar Rp. 500.000,- pada semester 5, praktek Peradilan I sebesar Rp. 500.000,- pada semester 6, praktek peradilan II sebesar Rp. 500.000,- pada semester 7, biaya KKN sebesar Rp. 1.000.000,- pada semester 7, biaya bimbingan TOFEL dan Komputer masing-masing sebesar Rp. 200.000,-, biaya asuransi setia registrasi semester sebesar Rp. 100.000,-, biaya yudisium dan wisuda (akan diketahui setelah adanya pengumuman dari BAAK UM Palangkaraya). –biaya ini adalah biaya pada tahun akademik 2012/2013, dan setiap tahunnya akan bertambah.

Untuk biaya registrasi (pembayaran SKS, SPP, dan Uang pembangunan) per semester gratis. Sehingga akan sangat tidak memberatkan orang tua/ wali mahasiswa.

Pengalaman saya menjadi mahasiswa S1 Ahwal Al Syakhsyiyyah yang hidup di asrama PKUM sangatlah baik dan mudah untuk menjalaninya. Mahasiswa juga dipersilakan untuk bekerja, karena jadwal kuliah hanya sore pukul 15.00-16.00 WIB dan malam pukul 18.00-20.00. sehingga pagi hingga siangnya mahasiswa dapat bekerja untuk kebutuhan sehari-hari, jika kita ingin mencari hal yang lebih. Pengalaman saya dan teman-teman lainnya (karena tidak mendapatkan kiriman dari orang tua), maka kita wajib mencari pekerjaan. Tapi bagi yang mendapatkan kiriman dari orang tua atau mendapat jatah bulanan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah nya masing-masing sehingga bekerja bukanlah keharusan karena biaya sehari-harinya akan tercukupi.

Kehidupan di asrama sangatlah sederhana, karena kita akan menjumpai mie, telur, ikan asin, daun singkong adalah akan menjadi makanan favorit. Karena dipekarangan depan mahasiswa asrama bertanam singkong.
Mahasiswa asrama adalah mereka yang hidup mandiri, tidak dimanja oleh kehidupan yang mewah namun prestasi adalah suatu keharusan.

Bagi mereka yang baik, lancar dan banyak hafalan al Qur’annya maka akan direkomundasikan menjadi pembimbing Baca Tulis Hafal Al Qur’an mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dari Lembaga Pembinaan Pengembangan Keislaman Kemuhammadiyah (salah satu lembaga resmi di UMP) dan tentunya akan mendapatkan honor yang telah ditentukan lembaga.

Sekarang tahun akademik 2013/2014, mahasiswa asrama berjumlah 23 orang hanya satu orang yang tidak bekerja karena mendapat kiriman dari Pimpinan Daerah Muhammadiyahnya. Sehingga yang 22 orang lainnya mereka kuliah sambil bekerja.

Saya adalah salah satu mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dan mengikuti banyak sekali organisasi. Namun tetap mampu berprestasi di bidang akademik, dan sering mendapatkan beasiswa-beasiswa dari instansi yang tidak terikat.

Bagi anda yang berminat di luar Kota Palangka Raya silakan menghubungi Pimpinan Daerah Muhammadiyah ditempat anda tinggal . Kalimantan Tengah sendiri hanya ada 2 kabupaten yang belum didirikan Muhammadiyah (dalam tahap pendirian) yaitu Kabupaten Lamandau dan Gunung Mas. Atau bagi anda yang dikecamatan/ desa silakan menghubungi Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan akan diteruskan ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah nantinya.

Bagi anda yang ingin mendapatkan info lebih lanjut silakan hubungi kontak saya.

Selamat berjuang kawan.

Informasi Beasiswa Lainnya : Klik disini.

Click to comment