Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
Suasana makan bersama di Asrama Mahasiswa Muhammadiyah Palangkaraya
dan saya yang hanya kelihatan kepalanya saja, baju biru.
Anak siapa yang suka makan bareng? Jawabannya adalah “anak asrama”, gmana mau makan sendiri, kan yang huniin asrama banyak. Kalau kita masak di dapur, pasti ada yang ngekorin nimbrung ikut makan, jadi filosofinya “sedikit makan rame-rame”.

Asyiknya itu adalah sensasi ketika makan makanan yang sedikit, jadi harus mengatur suapan antara ikan dan nasinya, prinsipnya “ikannya habis nasi juga harus habis” ini prinsip pertama. Prinsip kedua, ngambil nasi harus banyak, karena gak ada kemungkinan lagi bisa nambah walaupun pengen nambah lagi. Sangat jarang makan di asrama itu bisa nambah.

Prinsip ketiga, makanlah pada waktu perut benar-benar lapar, sehingga makan apa aja akan terasa nikmat. Boleh jadi ini yang menjadi prinsip hidup di asrama, cara cerdas untuk bertahan. Apa lagi di tengah kesibukan, kuliah, kerja, organisasi, tentu kita harus punya prinsip di mulai dari makan dan lainnya. Prinsip ini jika kepepet, namun jika banyak peluang kenapa harus ikut prinsip ini.


Yang pasti mahasiswa yang akan sukses nantinya adalah mereka yang mempunyai prinsip dari hal yang terkecil dengan melihat situasi dan kondisi. 

Click to comment