Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) semakin memantapkan langkahnya sebagai The Green Islamic Campus. Hal ini ditandai dengan Launching Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah yang dihelat pada Sabtu (06/09/2014). Acara berlangsung dengan khidmat di gedung Aula Utama UMP dan dihadiri langsung oleh Rektor Drs. Bulkani, M.Pd., jajaran pejabat universitas, serta turut hadir Kepala Subdit Kelembagaan  dan Kerjasama Dit. Pendidikan Madrasah RI Bapak Dr. Rokhmat Mulyana, M.Pd., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Tengah Bapak Drs. H. Mahli, M.Pd.I.
Rektor UMP, Drs. Bulkani, M.Pd menyatakan ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga izin penyelenggaraan Program Studi PGMI ini bisa terwujud pada tahun ini yang sebelumnya melalui proses yang begitu panjang hampir 1 setengah tahun.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah UM Palangkaraya merupakan jawaban atas kurangnya jumlah madrasah di Kalimantan Tengah yang hanya berkisar 262 madrasah, sedangkan SD lebih dari 2700, yang kalau dilihat dari komposisi penduduk beragama Islam di Kalimantan Tengah hampir 74% sehingga banyak peluang untuk mendirikan Madrasah dan tak hanya itu kurangnya pengelolaan Pendidikan Agama Islam juga perlu untuk jadi perhatiaan kita semua”, ungkap Beliau.
Tak hanya itu, Beliau juga memberikan contoh di Kalimantan Tengah pernah terjadi, bahwa banyak SD yang tidak ada guru Agama Islam, bahkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD diajarkan oleh Guru Agama Non-Islam, dan ini merupakan tantangan.
Program Studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidayah memulai langkah awal sebagai program studi di bawah Fakultas Agama Islam UM Palangkaraya, dengan tujuan mempersiapkan calon guru Madrasah Ibtidaiyah berjenjang Strata Satu (S-1) yang mampu menjawab tantangan peradapan global, yaitu tidak sekedar menjawab kebutuhan pasar akan tetapi meningkatkan pentingnya gawang moral disertai dinamika pergeseran nilai akibat perbenturan budaya modern. Di sisi lain kebutuhan guru Madrasah Ibtidaiyah yang dibekali dengan berbagai inovasi dan strategi pembelajaran modern menjadi suatu keniscayaan.
Diakhir sambutan beliau meminta kepada para audience untuk membantu mempublikasikan Program Studi PGMI UM Palangkaraya kepada masyarakat umum, dan ini merupakan bentuk dukungan dan langkah awal untuk mengawali sebuah perubahan. (*/dyn)

Click to comment