Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
Guru Profesional setidaknya harus memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, kompetensi professional dan kompetensi kepribadian. Kompetensi pedagogik atau kompetensi yang berkaitan dengan metode, strategi, pendekatan dan model pembelajaran yang harus dikuasai guru dan harus selalu diperbaharui atau dilakukan inovasi dalam praktek pembelajaran. Untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran salah satunya dapat ditempuh oleh guru melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Atas dasar tersebut Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang terdiri dari Dr. sonedi, M.Pd, Rita Rahmaniati, M.Pd, Drs. Fazakkir Norr, M.Pd menggelar Workhsop Penyusunan Kerangka Proposal PTK bagi guru-guru di SDN 5 Pahandut Palangka Raya, Selasa (14/10/2014) yang juga dihadiri oleh empat orang guru MIS-Darussa’dah Palangka raya dan mahasiswa yang akan menempuh tugas akhir.
Workshop ini dimulai dengan penyajian materi “Menemukan Masalah PTK” oleh Dr. Sonedi, M.Pd dan diakhiri oleh Pemateri kedua Prof. Dr. Supramono, M.Pd Dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya yang menyampaikan “Prosedur Pelaksanaan PTK & Penyusunan Karangka Proposal PTK”.
Sebagai pelaksana Rita Rahmaniati, M.Pd menyampaikan dalam sambutannya tujuan diadakannya workshop adalah untuk melatih para guru untuk menyusun kerangka proposal PTK sebagai langkah awal untuk melakukan kegiatan PTK, karena guru selama ini hanya melaporkan tanpa mengerti sistematika PTK itu sendiri.
“Melalui kegiatan ini diharapkan guru-guru SD di Kota Palangka Raya akan terampil dalam menyusun kerangka kegiatan PTK dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajarannya di kelas”, jelasnya.
Tambahnya lagi semakin banyak guru melakukan PTK di sebuah sekolah, maka akan semakin mandiri pula sekolah tersebut. Akreditasi sekolah menjadi lebih baik dan PTK akan membantu memperlancar upaya pembaharuan pendidikan menuju terwujudnya otonomi sekolah.
Selain itu pihak sekolah SDN 5 Pahandut Bapak Pendi, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak sekolah sangat mengapresiasi diadakannya Workhsop Penyusunan Kerangka Proposal PTK ini, sehingga model pembelajaran dapat dikuasi dengan senantiasi memperbaharuinya atau berinovasi dalam praktek pembelajaran itu sendiri. (*/dyn)

Click to comment