Blogger Kalteng

Masyarakat Kalimantan Tengah Doyan Makan Buah Durian

Kalimantan Tengah terkenal dengan hutan yang menghasilkan banyak sumber daya terutama tanaman buah-buahan. Saat tulisan ini saya buat, umumnya masyarakat sedang terbuai dengan nikmatnya buah durian atau akrab dengan gelarnya "duhiyan" atau "dahuyan" (bahasa dayak ngaju).

Aromanya yang tak terbantahkan, membuatnya tampak lebih nikmat. Sehingga, tak ada yang tak menyukai buah seram dengan duri-durinya yang tajam. Pemandangan inilah yang terlihat di sepanjang jalan Kota Cantik Palangkaraya, atau di setiap perkampungan ketika melakukan perjalanan dari kabupaten ke kabupaten lainnya.

Durian Kasongan (salah satu Kabupaten) merupakan durian primadona bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Semuan jenis durian ada di sini, dengan rasa yang berbeda-beda, dan dengan kisaran harga yang beragam, dari yang 5rb hingga 100rb.

Buah ini menyatukan berbagai kalangan, penikmatnya tak mengenal kaya, miskin, dari yang berdasi hingga yang basi, dari anak pank sampai anak pink, dari banci sampai penjual panci. Ketika duduk menyantap buah durian, tak ada perbedaan. Bau, rasa, dan gaya khas menikmatinya sama. Mungkin yang membuat beda adalah jenis parkiran kendaraan, dan harga yang di beli.

Tapi satu hal yang berarti, buah durian menyatukan berbagai kalangan. [dyn/catatanBuahdurian]   


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post