Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
Menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab masing-masing masyarakat. Lingkungan yang bersih penyakitpun jauh.
Simak kisah kami menjaga lingkungan.


ini keadaan asrama kami, sederhana, disninlah tempat kami bersama, berkumpul menimba ilmu. Kami beruntung memiliki halaman yang cukup luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.


 Manfaatkan halaman untuk berkebun dg pupuk dari hasil pembakaran sampah tadi (Pembuatan pupuk kompos sedang dalam rancangan). Tanaman biasanya yg bisa dimanfaatkan setiap hari contoh : singkong, cabe, rempah2, tomat, tebu, dan ubi jalar (daunnya utk disayur).

ini adalah ubi jalar, daunnya menjadi sayur bagi kami, 
paling enak dimasak oseng pedas

karena cuaca kadang hujan kadang panas membuat tanaman sedikit gersang, namun tetap subur, dan sehari-hari sayur ini menjadi bagian kehidupan kami.


rutinitas waktu sore, sepulang kuliah membersihkan sampah-sampah.
saat ini sampah yang ada dipilah, dan sampah dapur dibakar, untuk kemudian sisa pembakarannya dimanfaatkan menjadi pupuk (tanah subur)


Sampah dikumpulkan satu tempat kemudian memisahkan sampah2 plastik untuk kemudian dimanfaatkan kerajinan anak2 SD (ada 3 org dari kami guru SD). Sampah dapur dibakar kemudian sisa pembakarannya dijadikan pupuk.

Parit/ selokan harus dijaga kebersihannya. Sekurang2nya setiap 1 minggu sekali. Sehingga ikan gabus/ haruan (behau) betah di selokan kami. Gak jauh nyari ikan.


Demikian kisah singkat kami menjaga lingkungan dan sekakigus memanfaatkannya utk hidup. Karena kami mahasiswa rantau.
‪#‎asrama‬ mahasiswa UM Palangkaraya



Click to comment