Type something and hit enter

author photo
By On
Sabung Ayam Online dengan Promo Bonus Terbaik Indonesia
BLOGGER KALTENG - Masih banyak orang-orang di ujung sana yang jiwanya belum bangun, sehingga badannyapun bermalas-malas untuk bangun. Teriakkan "kita belum merdeka" sana-sini terdengar. 

Padahal jika kita berangkat dari sejarah, 71 tahun yang lalu, kata "merdeka" itu diteriakkan karena telah terbebas dari penjajahan dan dengan bangganya bendera Merah Putih kokoh berkibar.

Kini, konon katanya (sebagian orang) menganggap "kita belumlah merdeka". Merdeka seperti apa lagi yang diinginkan? 

Merdeka, lantas semua orang hidup kaya.
Merdeka, kemudian orang miskin tidak ada.
Merdeka, semua makmur tanpa ada rasa kurang.

Kita boleh terobsesi dengan rasa makmur, dengan rasa bahagia tak berujung, hidup kaya tanpa ada kata miskin, tapi jangan sampai menganggap kita belum merdeka. Sesederhana itu dan segampang itu kita bilang "INDONESIA BELUM MERDEKA", sungguh kita tidak merasakan bagaimana kerasnya para pejuang memperjuangkan kemerdekaan ini, berapa ribu pejuang yang telah gugur dalam medan pertempuran hanya karena ingin mendengar teriakkan "MERDEKA...MERDEKA...MERDEKA..", lantas dengan mudahnya kita sekarang bilang "INDONESIA BELUM MERDEKA".

Mungkin rasa hormat dan bangganya kita dengan perjuangan para pejuang telah luntur karena obsesi hidup makmur. Mungkin juga karena waktu pelajaran sejarah dulunya sering bolos, jadi tidak tahu bagaimana kerasnya perjuangan bangsa ini untuk merdeka.

Ingat ada lirik lagu,
...Bangunlah Jiwanya...
...Bangunlah Badannya...
...Untuk Indonesia Raya...

Dari petikan lirik lagu Indonesia Raya itu, harusnya kita belajar bahwa hal pertama yang terpenting adalah jiwa kita harus bangun, tidak boleh lemah, apalagi pasrah dengan keadaan. Karena jiwa yang kuat, maka tidak akan ada yang mampu menggoyahkannya. 

Jiwanya bangun, kemudian badannya juga harus bangun. Bergerak, lakukan perubahan, bukan hanya mengumpat dan mengutuk kata "merdeka" tanpa ada gerakan nyata.

MERDEKA!!! MERDEKA!!! MERDEKA!!!


Yandi Novia 
Palangka Raya, 17 Agustus 2016
Renungan 71 Tahun Indonesia Merdeka
...saya lelah mendengar kata "Indonesia Belum Merdeka", tulisan singkat ini mewakili rasa itu...
Ingat...KITA TELAH MERDEKA
#debuyandi
#bloggerkalteng
#indonesiamerdeka

Click to comment