Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG - Tidak lama ini, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2016 Kalimantan Tengah tengah menjadi sorotan nasional, menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 88 dan Jambore Pemuda Nasional tahun 2016, pelaksanaan di pusatkan di Kota Palangka Raya Lapangan Sanaman Mantikei. Kabar dan cerita-cerita tentang Kalimantan Tengah oleh-oleh dibawa pulang oleh peserta yang menjadi perwakilan kegiatan tersebut, kegiatan ini juga menjadi ajang study banding para peserta untuk belajar bagaimana Kalimantan Tengah menjaga dan merawat pemudanya.

Kabar terbaru dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada tanggal 1 November 2016 yang lalu, telah mengukuhkan 9 (sembilan) pemuda yang menjadi Duta Pemuda Kreatif Indonesia, dari ratusan peserta yang mendaftar perwakilan 34 provinsi.

Salah satu pemuda terbaik Kalimantan Tengah, Suprayitno mendapatkan kehormatan dan tampil keren mengharumkan nama Kalimantan Tengah,  dikukuhkan sebagai Duta Pemuda Kreatif Indonesia.

Pemilihan Duta Pemuda Kreatif Indonesia dilakukan Oleh Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI. Dari ratusan peserta yang mendaftar kemudian dipilih 15 orang yang lolos seleksi kelengkapan data dan menyiapkan sebuah proposal program dan rencana implementasi kegiatan jika terpilih sebagai Duta Pemuda Kreatif 2016. Selanjutnya dilakukan seleksi wawancara melalui Skype, sehingga terakhir terpilih 9 pemuda yang akan dikukuhkan.

Adapun 9 pemuda yang dikukuhkan oleh Kemenpora RI yaitu, Suprayitno (Kalimantan Tengah), Achmad Fauzi (Sulawesi Selatan), Ari Rama Nugraha (Sumatera Barat),  Annisa Elda (Bengkulu), Costan Tryono Rumapea (Kalimantan Barat), Hadi Sadikin Rachmat (Jawa Barat),  Megawati (Sulawesi Tenggara), Stephanus Yogi  (Yogyakarta).


Sebelumnya, sembilan pemuda yang telah dikukuhkan mendapat pembekalan dari Kemenpora RI terkait kepemudaan dan juga program-program yang akan dilaksanakan 1 tahun ke depan. Program-program itu merupakan hasil dari proposal yang telah diusulkan sebelumnya kepada Kemenpora RI untuk selanjutnya mereka menjadi mitra kerja Kemenpora RI dalam pengembangan Usaha Kreatif di Indonesia. Adapun secara khusus sub sektor yang akan dikembangkan adalah kreatif Grafika, Kriya, Fashion, Film, Piranti Lunak, Perangkat Keras, Musik dan Kuliner.

Suprayitno Duta Pemuda Kreatif Indonesia dari Kalimantan Tengah ketika dihubungi Blogger Kalteng,mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaanya karena bisa lolos 9 besar.
"Tentunya bahagia dan bangga bisa lolos atas nama pemuda Kalimantan Tengah, karena perjuangannya cukup panjang, proses seleksinya juga begitu ketat. Ini sebagai bukti bahwa putra putri kalimantan Tengah layak bersaing dan menjadi pemenang di tingkat Nasional", ungkapnya.
Kedepannya, Suprayitno berharap semakin banyak anak muda Kalimantan tengah yang mampu bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional dan ia bisa bersatu dan menyatukan pemuda-pemuda kreatif khususnya di Bumi Tambun Bungai ini.
"Dengan adanya Duta Pemuda Kreatif dari Kalimantan Tengah ini, saya berharap kita bisa membentuk Forum Pemuda Kreativitas Kalteng dan bisa saling bekerjasama dan saling membesarkan usaha-usaha kreatif anak Muda Kalteng," tegasnya.
Suprayitno juga tidak lupa berterima kasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah yang selama ini turut andil dalam pencapaiannya.
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah yang turut membantu memberikan rekomendasi kepada saya sehingga syarat-syarat administrasi untuk saya bisa menjadi Duta Pemuda Kreatif bisa saya lengkapi dengan baik, selain itu dorongan semangat dan bimbingan mereka juga menjadi bekal saya dalam bersaing ditingkat nasional sehingga bisa dipilih menjadi Duta Pemuda Kreatif Indonesia tahun 2016 ini," ungkapnya.
Terakhir jelas Suprayitno, ia berharap dengan terpilihnya menjadi Duta Pemuda Kreatif bisa bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Tengah maupun dinas lainnya, swasta dan juga masyarakat Kalimantan Tengah agar bisa sama-sama mengangkat karya kreatif anak muda Kalteng agar lebih dikenal dan mampu bersaing di kancah nasional dan internasional.


****
Bagi anda yang ingin menghubungi dan berdiskusi langsung dengan Suprayitno, silakan kunjungi facebooknya Suprayitno Zie Yonief.
****
Debu Yandi | Blogger Kalteng mengucapkan selamat kepada Suprayitno yang terpilih menjadi Duta Pemuda Kreatif Indonesia tahun 2016, semoga menjadi inspirasi pemuda lainnya untuk terus berkarya. Terima kasih telah mengharumkan nama Pemuda Kalimantan Tengah.
****
Kata kunci: Duta Pemuda Kreatif Indonesia 2016, Suprayitno Duta Pemuda Kreatif Indonesia 2016, Suprayitno Kalteng, Suprayitno Duta Pemuda Kreatif Indonesai 2016 Asal Kalteng.

Click to comment