Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Jakarta) - Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Tengah memberangkatkan pengurus dan kadernya untuk mengikuti Pelatihan Pelaksana Program SR-SSR Baru New Funding Mechanish (NFM) sebagai proses pelaksanaan program Community TB-HIV Care 'Aisyiyah di Kalimantan Tengah. Bertempat di hotel Merlynn Park Hotel Jakarta Pusat pada tanggal 19-22 Desember 2016.

Dua daerah yang menjadi fokus program Community TB-HIV Care 'Aisyiyah di Kalimantan Tengah adalah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur di tahun 2017 mendatang. Dua daerah ini dipilih karena menurut data KEMENKES merupakan angka Tuberkulosis (TB) terbesar di Kalimantan Tengah.

Ketua PW 'Aisyiyah Kalimantan Tengah Ibu Hj. Noorhayati. MT yang juga turut hadir mengikuti pelatihan ini mengungkapkan bahwa Community TB-HIV Care 'Aisyiyah ini merupakan program yang digiatkan Pimpinan Wilayah  'Aisyiyah  Kalimantan Tengah dimulai pada tahun 2017 mendatang.

Ibu Hj. Noorhayati. MT juga berharap pelatihan ini dapat menyamakan langkah untuk mengawali tugas-tugas dari Tim Sub Recipient (SR) dan Sub sub recipient (SSR) di Kalimantan Tengah sehingga kedepan dalam menjalankan program-program kegiatan mampu mencapai target yang diharapkan.
Tambahnya lagi, kegiatan ini juga sebagai pembekalan untuk Tim nantinya, dan khusus untuk 'Aisyiyah Kalteng sendiri program ini sebagai gerakan dakwahnya 'Aisyiyah, menjadi parameter mitra untuk semua, dan cinta untuk sesama dalam kebersamaan, ungkapnya.

Sementara itu, Ibu Hj. Masriah Herleenth selaku kepala Sub Recipient (SR) dalam program Community TB-HIV Care 'Aisyiyah Kalimantan Tengah mengungkapkan bahwa program ini merupakan program kemanusiaan yang luar biasa, disamping itu program ini membantu pemerintah untuk meningkatkan serta menjaga kualitas kesehatan dan hidup masyarakat. Karena pada prinsipnya program ini merupakan kepedulian kepada penderita TB untuk kemudian diberikan pendampingan dalam tahap pengobatan hingga sembuh.

Adapun tim program Community TB-HIV Care 'Aisyiyah Kalimantan Tengah yang mengikuti pelatihan ini yakni Ibu Hj. Ibu Hj. Masriah Herleenth sebagai kepala Sub Recipient (SR) dalam program Community TB-HIV Care 'Aisyiyah Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha sebagai Koordinator SR, Nur Asfi, S.Psi sebagai Monitoring Evaluasi, Riski Umi Kulsum sebagai Admin Finance, dan Yandi Novia sebagai Advokasi Communication and Social Mobilization (ACSM).

Kemudian untuk Kotawaringin Timur diikuti oleh Ibu Dra. Siti Hadijah selaku Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kotawaringin Timur, Ibu Etty Silvianni, S.Pd sebagai Kepala Sub sub Recipient (SSR), Khilmi Zuhroni sebagai Koordinator SSR, Ajah Saputra sebagai Data Collection (DC), Novianti Rahmawati sebagai Finance.

Adapun tujuan dari dalam program Community TB-HIV Care 'Aisyiyah ini secara umum adalah pertama menjadi tali pengikat bagi semua pihak yang telah terpapar isu Tuberkulosis (TB) untuk meningkatkan kepeduliannya dengan memberikan kontribusi pada penyelesaian masalah TB. 

Kedua, menyatukan kekuatan dan potensi yang ada di masyarakat agar dapat menyelesaikan masalah TB di lingkungannya. 

Ketiga, sebagai langkah exit strategy, jika program yang mendapatkan dukungan dana dari pihak luar tidak lagi dilanjutkan, sehingga masyarakat tetap mampu menyelesaikan masalah TB secara mandiri (debuyandi)


*Berita ini juga telah publish di media online kalteng.antaranews.com tanggal 20 Desember 2016

Click to comment