Blogger Kalteng

Penerus Industri Batik Kalteng, Hanya SMKN-4 Palangka Raya Yang Memiliki Jurusan Membatik

BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Seperti caption yang ditulis oleh akun instagram Diskominfokalteng bahwa SMKN-4 Palangka Raya harapan penerus pembatik Kalimantan Tengah bukanlah sebuah wacana, tapi memang sudah lama dilakukan.

Seperti dilangsir dari instagram Diskominfokalteng, SMK Negeri 4 Palangka Raya atau dikenal dengan SMK Industri berdiri sejak 1996 satu-satunya SMK yang memiliki jurusan keahlian membatik khas batik Kalteng yang dinamakan Desain Kria Tekstil.

Di jurusan ini, dalam kurun waktu lebih dari satu bulan murid dan guru di jurusan tekstil bisa memproduksi bermacam-macam desain batik hasil kreativitas.

Beberapa jurusan di SMK ini meliputi, jurusan Desain dengan pelajaran membatik, menjahit, menenun, makram dan sablon. Jurusan Multimedia, Geologi, Pertambangan dan Tataboga.

Baca juga : Populerkan Batik Benang Bintik Khas Kalteng, Mari Dukung Terobosan Disperindag Kalteng

Jurusan Desain sudah lama berjalan, namun menurut penuturan Nurce, S.Pd, MA guru yang mengajar membatik menyampaikan bahwa peminat jurusan ini masih sedikit, terhitung hanya memiliki siswa kurang lebih 30 orang per tahunnya. Kendala lainya, kesulitan dalam mendapatkan bahan-bahan, sehingga perlu waktu yang cukup lama karena harus memesan bahan dari pulau Jawa.

Nurce berharap, pemerintah Kalimantan Tengah dapat membantu memasok bahan-bahan untuk membatik, sehingga proses pembelajaran dan produksi siswa dan guru berjalan dengan lancar serta mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post