Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Sebenarnya judul posting kali ini lebih kepada pertanyaan untuk diri saya sendiri, karena dari tahun berganti tahun tidak ada perubahan masa depan yang saya alami dan perjuangkan. Terlalu banyak waktu yang terbuang sia-sia, mungkin saja kita terlalu santai dan menganggap waktu bukanlah hal yang berharga. Padahal dalam Al Qur'an Allah SWT bersumpah : “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian” (Q.S. Al- Ashr: 1-2)

Sederet penyesalan terukir jelas dalam pikiran, seakan semua terbuka, menjadi jalan bahwa "aku" harus segera berbenah diri. Mulailah naluri merancang masa depan, memproses semuanya dalam lembaran baru.

Jika kamu yang membaca tulisan ini adalah bagian dari ketidakberhasilan itu, maka tidak ada waktu lagi untuk bersantai. Percayalah, Allah SWT tidak akan mengubah nasibmu, kecuali kamu sendiri yang mengubahnya (Baca : Al Qur'an Surah Ar-Ra'd : 11).

Nah, berikut ini saya ingin berbagi tips untuk sukses di tahun 2018, karena saya sendiri akan melakukan hal yang sama.

1. Belilah buku khusus atau block note untuk menulis. Karena merancang sesuatu tanpa ditulis maka hasilnya tidak akan maksimal, dan lagi akan banyak yang terlupakan. Coba tuliskan, apa yang belum kamu tuntaskan di tahun-tahun sebelumnya. Dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

2. Setelah semua sudah kamu tulis, selanjutnya kamu harus menentukan mana yang menjadi prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu.

3. Sekarang mulailah, untuk mencari dan menemukan solusinya. Sampai disini semua masih mudah, karena masih dalam rancangan diatas kertas.

4. Ini tantangannya, kamu harus memulai menuntaskan satu persatu dari masalahmu atau rancangan masa depanmu, karena rancangan tanpa ada usaha nyata maka hal ini percuma saja, itu sama saja kamu memulai kembali kesalahanmu seperti tahun-tahun yang telah kamu lewatkan.

Niatkan semua karena Allah, mulailah dengan memperbaiki diri sendiri, memperbaiki hubungan mu dengan Tuhan mu, keluargamu, teman-temanmu dan orang-orang sekitarmu. Tidak banyak yang bisa saya tulis, hari ini Senin 1 Januari 2018 yukkk kita awali dengan tekad kuat untuk menyambut masa depan yang lebih baik. Dua ayat Al Qur'an yang saya sebutkan tadi sudah cukup untuk memberikan peringatan dan membuka kembali hati kita untuk melakukan perbaikan serta menuntaskan apa yang belum tuntas, merancang apa yang belum pernah dirancang.

Lakukan, jangan berdiam diri.
Selamat Tahun Baru 2018

Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment