Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika anda ke Kota Palangka Raya adalah "Sungai Kahayan". Sungai dengan warna air keruh ini memiliki kedalaman sekitar 7 meter dan lebar 450 meter, sedangkan panjangnya mencapai 600 km dan hanya 500 km yang bisa dilayari.

Sungai Kahayan bermuara di 3 kabupaten, dari Kota Palangka Raya, kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisau dan berakhir di laut Jawa. Total luas Sungai Kahayan mencapai 81.648 km2. Sungai Kahayan adalah sungai terluas di Kota Palangka Raya.

Sungai Kahayan memiliki pesona tersendiri, yakni wisata susur sungainya yang akan menampilkan wajah Kota Palangka Raya dengan kehidupan masyarakat dipinggiran sungai. Hal ini menjadi objek tersendiri yang bernilai klasik. 
Sungai Kahayan juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mengelola ikan tambak, perahu mesin yang disebut Kalotok juga akan hilir mudik, jukung (sampan) juga masih menjadi transportasi penyebrangan beberapa warga. 

Pemandangan lain juga akan terlihat sekelompok anak kecil akan memenfaatkan sungai untuk Mandui Balimbur atau berenang.

Baca Juga : Mandui Balimbur - Tradisi Anak-anak Mandi Bersama di Kalimantan Tengah

Pemandangan ini sempat saya rekam di video singkat berikut ini :

Demikian, selamat menikmati Kota Palangka Raya. Jika ingin menggunakan jasa kami dalam memandu anda berwisata silakan hubungi kami melalui kontak atau klik dsini : About Me. Sekedar bertanya-tanya juga silakan.

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng
opinikalteng.com

Click to comment