Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Hidup yang menurut kita harus dibawa santai kadang juga harus dibawa serius. Tapi tidak serius-serius amat. Jangan juga terlalu santai dan dibawa 'slengean' (less serious). Kadang karena ke slengeannya tidak bisa membedakan mana telur rebus dan mana telur asin. Air dingin, sebelum meminumnya tanpa sadar ditiup terlebih dahulu.

Ada sastra yang pernah saya buat dalam bahasa Dayak Ngaju : Dia kasarene ampi kea pambelomah, awi gawi madu mamander kakurang oloh, dia ie bacaramin bau, haratim

Topik yang akan saya bahas memang jauh dari narasi pertama saya. Karena saya ingin mengajak pembaca untuk menyelami apa yang saya maksud. Mengajak anda untuk berkhayal jauh sebelum masuk dalam narasi sebenarnya.

Oke langsung saja, ini artikel hanya ingin ngasih tau kamu yang sedang haus ilmu, yang sedang lagi semangat-semangatnya membaca artikel ilmiah atau yang sering kita sebut Jurnal Ilmiah.

Memang ada begitu banyak jurnal ilmiah yang tersedia diberbagai situs. Ada yang berbayar (biasanya jurnal internasional yang sudah diakui dunia), namun banyak jurnal ilmiah yang gratis bisa didownload kapan saja kamu mau.

Sebelum itu, saya sarankan jangan mendownload Jurnal Ilmiah di situs scribd.com, karena ini hanya situs berbagi dokumen, semua orang bisa membagikan dokumen apa saja. Karena ketika anda ingin mendownload sebuah dokumen kadang scribd.com mengharuskan anda meng-upload dokumen pengganti terlebih dahulu.

Situs dokumen lain untuk berbagi juga ada, saya menggunakan ini (dulu) misalkan academia.edu. Memang banyak jurnal ilmiah yang diuplaod, namun saya sarankan anda tidak mendownlaod dari situs ini. Tapi situs ini lebih baik dari situs scribd.com. 

Download lah Jurnal Ilmiah memang dari situs resminya. Sehingga Jurnal Ilmiah itu memang bisa anda jadikan sebuah rujukan. Dengan anda membuka sekaligus mendownload Jurnal Ilmiah di situs resminya ini akan menambah viewer atau statistik pembaca dari jurnal tersebut, hal ini baik untuk situs tersebut juga untuk penulis jurnal ilmiah.

Nah, berikut ini saya berikan beberapa trik mencari jurnal ilmiah gratis kamu bisa download :

1. Ini menurut saya paling mudah, anda kunjungi situs Google Cendekia (google scholar). Kemudian masukkan kata kunci pencarian anda. Maka akan muncul tampilan berikut. Perhatikan bagian gambar yang saya beri tanda merah, itu adalah alamat situs resmi jurnal online sebuah universitas /  lembaga pendidikan. Copy paste situs itu dan kunjungi situsnya. Begitulah cara mudah untuk Jurnal Ilmiah sekaligus mencari situs penyedia jurnal ilmiah. Silakan lacak situs sebanyak-banyaknya dengan cara ini.
2. Mencari di google dengan kata kunci, tambahkan (,pdf). Jadi ketika anda mencari sebuah kata kunci maka tulislah sperti ini "sejarah teologi, pdf". Maka yang muncul adalah file dengan format pdf, dan biasanya itu adalah sebuah jurnal ilmiah, tesis atau skripsi. Jangan lupa, lihat situs file tersebut. Copy paste lalu kunjungi situsnya. Silakan lacak situs sebanyak-banyaknya dengan cara ini.
3. Di Indonesia, kampus-kampus ternama banyak menggunakan penyedia layanan situs jurnal dengan dua kata kunci, yakni "digilib" dan "repository" misalkan Universitas Sumatera Utara menggunakan situs http://repository.usu.ac.id/ kemudian Universitas Ahmad Dahlan menggunakan situs http://digilib.uad.ac.id/. Silakan cari dengan kata kunci itu, maka kamu akan menemukan situs-situs penyedia jurnal online.
Demikian yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat. Jika ingin request topik atau tutorial kepada Blogger Kalteng. Silakan hubungi saya melalui formulir kontak.

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment