Type something and hit enter

author photo
By On
Sabung Ayam Online dengan Promo Bonus Terbaik Indonesia

Bahan Pembelajaran 10 :
(Pengelola, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya)

Pencatatan dan Pelaporan

I.       Pengertian
Pencatatan dan pelaporan PIK Remaja/Mahasiswa adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelayanan yang dilakukan oleh PIK Remaja/Mahasiswa.
Adapun tujuan dilaksanakannya pencatatan dan pelaporan di PIK Remaja/Mahasiswa adalah untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PIK Remaja/Mahasiswa dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja/Mahasiswa.
Untuk  mewujudkan tujuan tersebut, setiap pengelola, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya PIK Remaja/Mahasiswa hendaknya mengetahui dan memahami pengisian berbagai formulir pencatatan dan pelaporan yang dipergunakan.

II.      Tujuan
A.     Tujuan Pembelajaran Umum
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pencatatan dan pelaporan pelaksanaan kegiatan PIK Remaja/Mahasiswa
B.     Tujuan pembelajaran Khusus
Setelah melakukan pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:
1.     Memahami tentang pengertian pencatatan dan pelaporan PIK Remaja/Mahasiswa
2.     Memahami tujuan dan manfaat pencatatan dan pelaporan PIK Remaja/Mahasiswa
3.     Memahami tentang jenis-jenis formulir pencatatan dan pelaporan PIK Remaja/Mahasiswa



III.    Jenis, Kegunaan dan Cara Pengisian Pencatatan dan Pelaporan PIK Remaja/Mahasiswa
A.     Pencatatan
Jenis-jenis pencatatan PIK Remaja/Mahasiswa adalah sebagai berikut:
1.  Formulir 1 : Catatan Kegiatan Penyuluhan/KIE Individu oleh Pendidik Sebaya
Formulir ini digunakan oleh Pendidik Sebaya untuk mencatat identitas remaja/mahasiswa yang diberi penyuluhan serta materi yang disampaikan. (lihat lampiran 1)
Adapun jenis data dan cara pengisian formulir 1 adalah sebagai berikut:
a.  Nama:
Diisi nama lengkap remaja yang mendapat penyuluhan.
b.  Tempat, Tanggal Lahir :
Diisi tempat dan tanggal lahir remaja/mahasiswa.
c.   Jenis Kelamin :
Diisi sesuai dengan jenis kelamin remaja/mahasiswa (laki- laki atau perempuan).
d.  Pendidikan :
Diisi pendidikan terakhir.
e.  Alamat :
Diisi lengkap, Nama Jalan, No Rumah, RT/RW, Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan kalau ada nomor telepon.
f.    Kolom Topik Materi yang disampaikan:
Diisi topik penyuluhan yang disampaikan.
g.  Kolom Lama Kegiatan :
Diisi lama waktu yang digunakan untuk memberikan penyuluhan (satuan menit)
h.  Kolom catatan:
Diisi dengan hal-hal yang perlu ditindak lanjuti
i.    Tempat :
Diisi tempat pelaksanaan penyuluhan
j.    Tanggal:
Diisi tanggal pelaksanaan penyuluhan

k.   Nama Pendidik Sebaya :
Diisi nama lengkap Pendidik Sebaya yang melakukan penyuluhan.

2.  Formulir 2 : Catatan Kegiatan Penyuluhan/KIE Kelompok oleh Pendidik Sebaya
Formulir ini digunakan oleh Pendidik Sebaya untuk mencatat jumlah remaja/mahasiswa yang diberi penyuluhan/KIE secara kelompok sesuai dengan jenis kelamin serta materi yang diberikan. (lihat lampiran 2)
Adapun jenis data dan cara pengisian formulir 2 adalah sebagai berikut:
a.    Kolom nomor
Diisi nomor
b.    Kolom tanggal
Diisi tanggal penyuluhan
c.    Kolom tempat kegiatan:
Diisi nama tempat dimana kegiatan dilaksanakan.
d.    Kolom jumlah peserta berdasarkan jenis kelamin :
Diisi jumlah remaja/mahasiswa perempuan dan remaja/mahasiswa laki-laki yang hadir dalam kegiatan penyuluhan/KIE kelompok.
e.    Kolom Materiyg disampaikan :
Diisi topik penyuluhan yang disampaikan.
f.     Kolom cara/metode penyampaian :
Diisi metode yang digunakan dalam memberikan penyuluhan misalnya : ceramah, Focus Group Discussion (FGD), tanya jawab, brainstorming, games dan lain lain.
g.    Kolom Lama Kegiatan:
Diisi berapa lama waktu yang digunakan untuk memberikan penyuluhan (dalam satuan menit)
h.    Kolom catatan:
Diisi catatan hal-hal apa yang belum dapat dijawab pada saat melakukan penyuluhan.
i.      Nama Pendidik Sebaya :
Diisi nama Pendidik Sebaya yang melakukan penyuluhan.


3.  Formulir 3 : Catatan Kegiatan Konseling Individu oleh Konselor Sebaya
Formulir ini digunakan oleh Konselor Sebaya untuk mencatat identitas  remaja/mahasiswa yang mendapat konseling serta permasalahan yang dibahas. (lihat lampiran 3)
Adapun jenis data dan cara pengisian formulir 3 adalah sebagai berikut:
a.  Nama                           :
Diisi nama lengkap atau nama samaran remaja/mahasiswa yang mendapat konseling.
b.  Tempat, Tanggal Lahir :
Diisi tempat dan tanggal lahir remaja/mahasiswa.
c.  Jenis Kelamin      :
Diisi sesuai dengan jenis kelamin remaja/mahasiswa (laki-laki / perempuan).
d.  Pendidikan terakhir    :
Diisi pendidikan terakhir.
e.  Alamat                   :
Jika diperlukan diisi lengkap, Nama Jalan, No. Rumah, RT/RW, Kelurahan/Desa, Kecamatan,Kab/Kota dan kalau ada nomor telepon.
f.   Lama Pelayanan :
Diisi lama waktu pelayanan
g.  Catatan :
Diisi dengan pilihan sebagai berikut :
1)     Tuntas : Diisi tanda (V) apabila dalam konseling tersebut sudah tidak diperlukan tindak lanjut atau telah selesai.
2)     Ulang  : Diisi tanda (V) apabila dalam konseling tersebut belum selesai dan perlu konseling ulang sesuai jadwal yang telah disepakati.
3)     Dirujuk : Diisi tanda (V) sesuai dengan fasilitas pelayanan rujukan. (Puskesmas, Rumah Sakit, Psikolog, Guru BK,Shelter)
h.  Masalah  :
Diisi narasi permasalahan yang dihadapi remaja/mahasiswa.
i.    Tempat :
Diisi tempat pelaksanaan konseling.
j.    Tanggal :
Diisi tanggal pelaksanaan konseling.
k.  Nama Konselor Sebaya:
Diisi nama lengkap Konselor Sebaya yang melakukan konseling.

4.  Formulir 4 : Catatan Kegiatan Konseling Kelompok oleh Konselor Sebaya
Formulir ini digunakan oleh Konselor Sebaya untuk mencatat identitas  remaja/mahasiswa yang mendapat konseling secara kelompok. (lihat lampiran4)
Adapun jenis data dan cara pengisian formulir 4 adalah sebagai berikut:
a.     Daftar Nama :
Diisi nama-nama remaja/mahasiswa yang dikonseling dengan jelas serta keterkaitan antara remaja/mahasiswa yang satu dengan yang lainnya. Remaja/mahasiswa boleh menggunakan nama samaran.
b.     Lama Pelayanan :
Diisi lama waktu yang digunakan untuk memberikan konseling (satuan menit)
c.      Catatan : Diisi dengan pilihan sebagai berikut
1)     Tuntas : Diisi tanda (V) apabila dalam konseling tersebut sudah tidak diperlukan tindak lanjut atau telah selesai.
2)     Ulang  : Diisi tanda (V) apabila dalam konseling tersebut belum selesai dan perlu konseling ulang sesuai jadwal yang telah disepakati.
3)     Dirujuk : Diisi tanda (V) sesuai dengan fasilitas pelayanan rujukan. (Puskesmas, Rumah Sakit, Psikolog, Guru BK,Shelter)
d.     Masalah :
Diisi narasi permasalahan yang dihadapi remaja bersangkutan.
e.     Tempat :
Diisi tempat pelaksanaan konseling kelompok .
f.       Tanggal :
Diisi tanggal pelaksanaan konseling kelompok .
g.     Nama Konselor Sebaya :
Diisi nama lengkap konselor sebaya yang melakukan konseling.
5.  Formulir 5 : Catatan Kegiatan Pelayanan Medis oleh Petugas Medis
Formulir ini digunakan oleh petugas medis untuk mencatat identitas  remaja/mahasiswa dan pelayanan medis yang diberikan (lihat lampiran5)
Adapun jenis data dan cara pengisian formulir 5 adalah sebagai berikut:
a.     Nama :
Diisi nama lengkap remaja/mahasiswa yang mendapat pelayanan.
b.     Tempat, Tanggal Lahir :
Diisi tempat dan tanggal lahir
c.      Jenis Kelamin:
Diisi sesuai dengan jenis kelamin remaja/mahasiswa (laki-laki/perempuan)
d.     Pendidikan Terakhir :
Diisi pendidikan terakhir
e.     Alamat :
Diisi lengkap, nama jalan, nomor rumah, RT/RW, Kelurahan/Desa, Kab/Kota, kalau ada nomor telepon.
f.       Keluhan dan Anamnesis :
Diisi keluhan-keluhan yang disampaikan oleh remaja/mahasiswa.
g.     Diagnosis :
Diisi nama penyakit yang diderita
h.     Terapi yang Diberikan :
Diisi obat yang diberikan dan tindakan atau rujukan
i.       Tempat :
Diisi tempat pelaksanaan pelayanan (Puskesmas Pembantu/Puskesmas/Rumah Sakit)
j.       Tanggal :
Diisi tanggal pelaksanaan pelayanan
k.      Petugas medis :
Diisi nama lengkap petugas medis yang memberikan pelayanan.

B.     Pelaporan
Untuk kelancaran dan efektifitas serta sebagai alat monitoring dan laporan kepada berbagai pihak terkait diperlukan laporan tentang perkembangan PIK Remaja/Mahasiswa. Sehubungan dengan itu maka laporan perkembangan PIK Remaja/Mahasiswa dibuat setiap bulan (12 kali setahun) secara berjenjang.
Jenis-jenis pelaporan PIK Remaja/Mahasiswa adalah sebagai berikut:
1.     Laporan PIK Remaja/Mahasiswa manual
Formulir ini digunakan untuk monitoring dan pelaporan.
a.     Laporan PIK Remaja/Mahasiswa tingkat kecamatan. (lampiran 6)
Adapun jenis data dan cara pengisiannya adalah sebagai berikut:
1)     Kecamatan :
Diisi nama kecamatan
2)     Bulan dan Tahun :
Diisi Bulan dan Tahun
3)     Kolom 1 :
Diisi nomor urut
4)     Kolom 2 :
Diisi nama PIK Remaja/Mahasiswa
5)     Kolom 3 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tumbuh
6)     Kolom 4 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tegak
7)     Kolom 5 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tegar
8)     Kolom 6 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tumbuh
9)     Kolom 7 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tegak
10)  Kolom 8 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tegar
11)  Kolom 9 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tumbuh
12)  Kolom 10 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tegak
13)  Kolom 11 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tegar
14)  Kolom 12 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tumbuh
15)  Kolom 13 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tegak
16)  Kolom 14 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tegar
17)  Kolom 15 :
Diisi total pencapaian PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tumbuh, Tegak dan Tegar.
18)  Kolom 16 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tumbuh
19)  Kolom 17 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tegak
20)  Kolom 18 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tegar
21)  Kolom 19 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tumbuh
22)  Kolom 20 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tegak
23)  Kolom 21 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tegar
24)  Kolom 22 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tumbuh
25)  Kolom 23 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tegak
26)  Kolom 24 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tegar
27)  Tempat :
Diisi tempat
28)  Tanggal :
Diisi tanggal
29)  Yang melapor :
Diisi nama yang melapor (PPLKB/PKB/Ka UPTD/Koordinator)

b.     Rekapitulasi laporan PIK Remaja/Mahasiswa tingkat Kab/Kota. (lampiran 7)
Adapun jenis data dan cara pengisiannya adalah sebagai berikut:
1)     Kab/Kota :
Diisi nama Kab/Kota
2)     Bulan dan Tahun :
Diisi Bulan dan Tahun
3)     Kolom 1 :
Diisi nomor urut
4)     Kolom 2 :
Diisi nama Kecamatan
5)     Kolom 3 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tumbuh
6)     Kolom 4 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tegak
7)     Kolom 5 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tegar
8)     Kolom 6 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tumbuh

9)     Kolom 7 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tegak
10)  Kolom 8 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tegar
11)  Kolom 9 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tumbuh
12)  Kolom 10 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tegak
13)  Kolom 11 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tegar
14)  Kolom 12 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tumbuh
15)  Kolom 13 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tegak
16)  Kolom 14 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tegar
17)  Kolom 15 :
Diisi total pencapaian PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tumbuh, Tegak dan Tegar.
18)  Kolom 16 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tumbuh
19)  Kolom 17 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tegak
20)  Kolom 18 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tegar
21)  Kolom 19 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tumbuh
22)  Kolom 20 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tegak
23)  Kolom 21 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tegar
24)  Kolom 22 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tumbuh
25)  Kolom 23 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tegak
26)  Kolom 24 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tegar
27)  Tempat :
Diisi tempat
28)  Tanggal :
Diisi tanggal
29)  Yang melapor :
Diisi nama yang melapor (Kabid KSPK/Kasi KSPK)

c.      Rekapitulasi laporan PIK Remaja/Mahasiswa tingkat Provinsi.
Adapun jenis data dan cara pengisiannya adalah sebagai berikut:
1)    Provinsi :
Diisi nama Provinsi
2)     Bulan dan Tahun :
Diisi Bulan dan Tahun
3)     Kolom 1 :
Diisi nomor urut
4)     Kolom 2 :
Diisi nama Kab/Kota
5)     Kolom 3 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tumbuh
6)     Kolom 4 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tegak
7)     Kolom 5 :
Diisi jumlah PIK Mahasiswa Perguruan Tinggi/Akademi Tahap Tegar
8)     Kolom 6 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tumbuh
9)     Kolom 7 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tegak
10)  Kolom 8 :
Diisi jumlah PIK Remaja Sekolah Umum/Agama Tahap Tegar
11)  Kolom 9 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tumbuh
12)  Kolom 10 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tegak
13)  Kolom 11 :
Diisi jumlah PIK Remaja LSM Kepemudaan/Keagamaan Tahap Tegar
14)  Kolom 12 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tumbuh
15)  Kolom 13 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tegak
16)  Kolom 14 :
Diisi jumlah keseluruhan PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tegar
17)  Kolom 15 :
Diisi total pencapaian PIK Remaja/Mahasiswa Tahap Tumbuh, Tegak dan Tegar.
18)  Kolom 16 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tumbuh
19)  Kolom 17 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tegak
20)  Kolom 18 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pengelola) Tahap Tegar
21)  Kolom 19 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tumbuh
22)  Kolom 20 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tegak
23)  Kolom 21 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Pendidik Sebaya) Tahap Tegar
24)  Kolom 22 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tumbuh
25)  Kolom 23 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tegak
26)  Kolom 24 :
Diisi jumlah tenaga terlatih (Konselor Sebaya) Tahap Tegar
27)  Tempat :
Diisi tempat
28)  Tanggal :
Diisi tanggal
29)  Yang melapor :
Diisi nama yang melapor (Kabid KSPK/Kasi Ketahanan Remaja)

2.     Formulir 2 : Laporan PIK Remaja/Mahasiswa online.
Laporan PIK Remaja/Mahasiswa secara online dapat diakses pada alamat http://databasis.bkkbn.go.id/pikkrr.








Click to comment