Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
Dialog Pemimpin Inspiratif dengan mengambil tema Karena Kita Adalah Pemimpin mewarnai Pelantikan DPD IMM Kalimantan Tengah, PC IMM Kota Palangkaraya dan Komsat IMM se Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, dengan menghadiri pemateri H. windu Subagio (Wakil Bupati Kabupaten Sukamara), Dr. Sonedi, M.Pd (Wakil Rektor III UM Palangkaraya), Beni Pramula (DPP IMM), Sabtu (17/5/2014) di Aula Utama Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Tiga pandangan mengulas apa itu pemimpin menjadi suguhan hangat bagi para kader IMM yang baru dilantik. Menurut H. Windu Subagio pemimpin itu adalah berjuang dalam amar ma’ruf nahi munkar, konsep yang sangat sederhana dan jelas dalam Al Qur’an, sehingga jika konsep ini diterapkan maka bangsa dan negara ini akan terselamatkan, jelas beliau.
Dalam dialog ini juga beliau mendapat pertanyaan dari  kader IMM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Palangkaraya perihal guru di Kabupaten Sukamara, “Guru di Kabupaten Sukamara itu banyak, tapi yang berkualitas sangat sedikit, sehingga kami sangat berharap kader-kader IMM lah yang menjawab semua permasalahan ini, jelas beliau.
Tak hanya itu beliau juga siap menjebatani pendirian Perguruan Tinggi di Kabupaten Sukamara, ”Saya punya teman yang benar-benar serius ingin menghibahkan tanahnya untuk pendirian sebuah Perguruan Tinggi, kurang lebih 10-15 Hektar arah jalan Sukamara-Pantai Lunci”. Beliau juga menyampaikan bahwa secara kelembagaan Pemerintah Kabupaten Sukamara akan membantu proses pendirian. Pernyataan dan sikap ini beliau ambil karena apresiasinya kepada Muhammadiyah dan para kadernya.

Berbeda dengan Dr. Sonedi, M.Pd yang merupakan alumni Ketua Bidang Kader DPD IMM Kalteng periode 1998-2000 yang sekarang menjabat sebagai Wakil Rektor III UM Palangkaraya menjelaskan prinsip kepemimpinan itu secara sederhana yaitu “menjadi pemimpin, berarti harus mampu memimpin diri sendiri”, ini yang menjadi identitas kader-kader IMM Kalteng sejak berdiri hingga sekarang dan akan datang.
Selanjutnya yang menjadikan dialog ini lebih berwarna hadirnya Kabid Organisasi DPP IMM Immawan Beni Pramula, salah satu pemuda dengan berbagai prestasi internasioanl diantaranya ASEAN-India YEP 2012 di New Delhi, ASEAN-China Youth Came 2013 di Nanning, International Youth Conference 2013 di Bahrain, dan G-20 Summit Model United National 2014 di Belanda. Immawan Beni Pramula menyampaikan bahwa kader IMM harus siap dan mempersiapkan diri dalam ajang ASEAN Community 2015, dan kader IMM Kalteng harus mampu go International.
Immawan Beni Pramula juga menyampaikan bahwa tantangan Kader IMM kedepannya tidaklah mudah, “Kita harus mampu mengimbangi pemikiran-pemikiran lokal, nasional dan internasional, sehingga IMM Kalteng selalu eksis dan mampu bertahan ditengah persaingan yang kian bebas”, ucapnya.


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai pelopor pelangsung dan penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah, senantiasa begerak dinamis melanjutkan roda gerakan organisasi untuk menjalankan amanat dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Sesuai dengan tujuannya yaitu “mengusahakan terbentuknya kademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan tujuan Muhammadiyah”.

Click to comment