Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Himpunan Mahasiswa D-III Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan yang digagas oleh Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Kalimantan Tengah, pada tanggal 13-14 September 2014 bertempat di Hotel Aquarius Jalan Imam Bonjol Palangka Raya, mengadakan Workshop Nasional “Penelusuran Informasi Obat” dengan menghadirkan pembicara Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Fita Rahmawati, Ph.D, Sp.FRS, Apt Pengajar Farmasi Klinik UGM, Fransiskus C. Kristianto, M. Klin., Apt Pengajar Farmasi Klinik Universitas Surabaya, dan Drs. Sahat Saragi, M.SC., Apt Manajer Klinik Apotek Kimia Farma.
Tak hanya berperan aktif sebagai peserta, Himpunan Mahasiswa D-III Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya juga memeriahkan acara Workshop dengan penampilan mereka sebagai Group Paduan Suara yang dikoordinir langsung oleh Guntur Satrio P.S.Farm., M.Si., Apt dosen FIK UM Palangkaraya dengan persiapan selama satu minggu.
Kehadiran para mahasiswa Farmasi FIK UM Palangkaraya dalam workshop tersebut diharapkan menambah pengetahuan mereka terutama dibidang  Pelayanan Informasi Obat (PIO) yang terdapat dalam UU No. 36 tahun 2009 serta PP 51 tahun 2009, menyebutkan bahwa PIO termasuk dalam pelayanan kefarmasian.
Tak hanya itu mereka juga harus mampu memahami apa itu PIO yang terdapat dalam Kemenkes No. 1197 tahun 2014 BAB VI yang menjelaskan bahwa “Kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh apoteker untuk memberikan informasi secara akurat, tidak bias, dan terkini baik kepada dokter, apoteker, perawat, profesi kesehatan lainnya dan pasien”, karena Informasi Obat merupakan salah satu spesialisasi dalam bidang farmasi klinik yang melibatkan tehnologi serta clinical practice. (*/iChi/dyn)

Click to comment