Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi


Harapan semua orang tentu sama, menjadi insan yang berkualitas. Sehingga kita dapat hidup di dunia ini dengan sesungguhnya, maksudnya sesungguhnya bagaimana? Maksudnya adalah menjadi insan atau manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain,  negara dimana tempat kita tinggal, juga agama yang kita anut.
Saya dan anda yang membaca artikel ini mungkin masih dalam tahap pencarian “mau jadi apa aku ini?” Aku bisa apa? Atau masih galau mau kuliah dimana, jurusan apa? Hmm atau masih terjerat dengan paradigm KULIAH JURUSAN INI, MUDAH GAK YAA JADI PNS? Saya tidak patut tertawa dengan pilihan anda, itulah kebebasan cara berpikir dan cara pandang orang lain, silakan, dan semoga kita semua menjadi orang yang sukses.
Baiklah, langsung saja, artikel kali ini berbicara tentang “Mengenal Potensi Diri”, dimulai dengan kalimat bagaimana. Sebelum saya berikan tips-tipsnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui potensi kemampuan otak. Berikut ulasannya :
Bisa Anda perkirakan berapa besar prosentasi otak kita yang telah kita gunakan? 90%, 80%, 70%, 50%?
No! Ternyata menurut sebuah penelitian ilmiah, potensi kemampuan otak manusia yang benar-benar digunakan hanya berkisar 3-5% saja. Einstein saja yang dianggap sebagai manusia jenius menggunakan maksimal 5% dari potensi otaknya. Ini yang biasa disebut pikirian sadar. Sementara 97% nya masih belum digunakan. Biasa disebut pikiran bawah sadar. Potensi luar biasa apabila kita mampu memanfaatkannya.
Bukti kerja pikiran bawah sadar yang sangat hebat, antara lain: memompa darah +/- 25,000 ltr sepanjang +/- 100.000 km pembuluh darah. 100.000x denyutan jantung perhari. Mata mampu membedakan lebih dari 10 juta warna berbeda.
Ada 3 hal dalam membuat pattern of excellent:
1. State
2. Believe
3. Identity
Oke, itu teori. Mungkin akan berubah menurut kadar, waktu, dan zaman, dan bahkan potensi masing-masing orang. Selanjutnya untuk mengenali Potensi apakah yang ada dalam diri kita, maka kita harus melakukan sesuatu untuk mengidentifikasi ” potensi apa yang sebenarnya kita miliki?“  ketika telah ditemukan, maka kembangkanlah potensi diri yang telah Tuhan Anugrahkan untuk kita, sehingga kita dapat menjadi Diri Yang berkualitas. Berikut tips-tipsnya :
1.       kenalilah aktivitas apa yang paling kita cintai
2.       kenalilah aktivitas apa yang paling membuat kita begitu asyik
3.       kenalilah aktivitas apa yang paling mudah dan cermerlang yang biasa kita lakukan
4.       kenalilah aktivitas yang menjadi impian sejak lama.
5.       tanyakan pada orang lain tentang potensi yang kita miliki sebenarnya
6.       kenalilah aktivitas apa yang paling cepat kita pelajari
7.       kenalilah kecerdasan berganda (Kecerdasan linguistic, visual-spasial, intrapersonal, interpersonal, logic-matematik, bodi-kinestetik, musical, dan naturalis.)
8.       Dengan metode kartu panggilan. mengelompokkan aktivitas-aktivitas yang kita lakukan.
Saya sendiri dalam proses “Menggali Potensi Diri” secara serius dimulai sejak tahun 2012, kenapa tahun itu, karena saya merasa sendiri, otak saya bekerja sesuai kadar umur, dan mulai menentukan kemana saya kedepannya, apa cita-cita saya, apa potensi saya, kemana saya ketika telah lulus sarjana, bagaimana cara menghasilkan uang dengan keahlian, dan bagaimana bekerja dengan keahlian.
Akhirnya saya menekuni dunia Jurnalistik, belajar menulis berita dan artikel, dimulai sejak tahun 2010, dengan menekuni dunia Blog, hingga saya mahir dalam hal mengedit html (tanpa kursus), dan mendesain template blog, dan tidak hanya itu ilmu iseng-iseng itu ketika ditekuni kedepannya sangat berguna. Saya dapat uang dengan hasil tulisan artikel bertema politik, dan sudah ada media yang berlangganan 2 tulisan setiap bulannya, dan dipercaya mengelola beberapa web resmi dengan honor yang lumayan, tidak hanya itu kemampuan dalam membuat berita juga sangat berharga. Demikian gambaran sederhana menggali potensi diri. 

Click to comment