Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
Sudah terhitung dua minggu, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menyiapkan perencanaan pembangunan gedung baru perkuliahan yang langsung melibatkan mahasiswa dari prodi Teknik Sipil. Dalam perencanaannya, gedung baru berlantai tiga ini dengan luas 15x30 meter persegi akan difungsikan sebagai ruang kantin dan ruang perkuliahan.
Adapun tahap-tahap perencanaan yang dikerjakan adalah dimulai dari tahap pengukuran, tahap pemeriksaan tanah dengan sortir, Uji Penetrasi Konus (ASTM D 3441.86), perhitungan struktur untuk mengetahui kualitas bangunan dan lain-lain, kemudian membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB), dan tahap terakhir RAB diajukan ke Rektor UM Palangkaraya
Ahmad Syafi’I Panggabean mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dan merupakan salah satu mahasiswa yang menangani perencanaan pembangunan mengungkapkan bahwa proyek ini diminta secepatnya diselesaikan sehingga pihak kampus lebih cepat pula menyerahkan proyek pembangunan berikutnya kepada kontraktor.
“Proyek ini sudah kami mulai sejak dua minggu yang lalu, dan diminta secepatnya selesai oleh pihak Fakultas untuk selanjutnya diserahkan kepihak kampus, sehingga pihak kampus secepatnya menyerahkan proyek pembangunan kepada kontraktor,” ungkap Ahmad Syafi’I Panggabean.
“Tugas kami hanya pada tahap perencanaan pembangunan, yang diakhiri pada hasil Rancangan Anggaran Biaya, dan pada hari ini (21/09) kami sedang menguji kekuatan tanah atau pemeriksaan tanah dengan sortir,” jelas Syafi’i. (*/dyn)

Click to comment