Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
Oleh : Ilham Handika, M.Pd
Dosen Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Oleh ILHAM HANDIKA Sumbawa selatan harus belajar banyak dari Sumbawa barat bagaimana menyikapi keberadaan PT NNT sehingga kelak tidak menjadi penonton di rumah sendiri. Keberadaan Newmont sudah tidak dapat dielakkan lagi di Sumbawa selatan. Proses sosialisasi pun telah dilaksanakan di berbagai kecamatan di wilayah Sumbawa selatan. Wilayah Sumbawa selatan takkan lama lagi akan mirip seperti wilayah Sumbawa barat saat ini. Wilayah-wilayah yang dahulunya terisolir takkan lama lagi akan menjadi pusat hiruk pikuk kegiatan PT NNT.
Penduduk setempat harus bersiap-siap menerima pengaruh social karena dapat dipastikan para pekerja Newmont tidak hanya berasal dari wilayah Sumbawa saja namun ada yang berasal dari Lombok bahkan jawa. Newmont merupakan salah satu perusahaan tambang asing yang beroperasi di Indonesia dan memiliki kontrak karya sejak tahun 1986. Selain di Sumbawa, perusahaan ini juga pernah beroperasi di pulau Sulawesi tepatnya di Minahasa dengan nama perusahaannya adalah PT Newmont minahasa raya. Namun perusahaan ini sudah tidak beroperasi lagi dan sempat heboh dengan kasus pencemaran di Teluk Buyat. Keberadaan Newmont di Sumbawa selatan ibarat dua keeping mata uang logam yang saling bertolak belakang.
Di satu sisi keberadaannya dikhawatirkan akan merusak lingkungan disekitar Sumbawa selatan terutama untuk posisi mata airnya karena wilayah-wilayah selatan seperti Lunyuk dan Lenangguaar mata airnya berada di tempat yang menjadi daerah ekploitasi Newmont. Walaupun sudah ada AMDAL jangan sampai kelak kita akan mewariskan lingkungan yang rusak bagi anak cucu kita. Di sisi yang lain keberadan Newmont juga akan memberi manfaat takkala ketika kita berbicara masalah ekonomi dan tenaga kerja.
Kita tidak dapat memungkiri keberadaan suatu perusahaan tambang pasti akan membawa pengaruh baik positif maupun negative bagi daerah lingkar tambang. Karena kontrak karya sudah di tanda tangani dan kedua belah pihak pemerintah dan Newmont harus menghormati isi dari kontrak tersebut maka tidak akan lama lagi kita sebagai penduduk wilayah selatan akan melihat sepak terjang Newmont di daerah kita. Pada kesempatan ini penulis mengingatkan kepada pihak-pihak terkait jangan sampai penduduk Sumbawa selatan hanya menjadi penonton dan tidak bisa mengambil bagian dalam proses produksi PT Newmont.
Berkaitan dengan hal tersebut, ketika berbicara dampak ekonomi maka Newmont harus memanfaatkan produk-produk lokal untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya untuk kebutuhan buah-buahan seperti kelapa maka dapat di ambil di daerah sekitar wilayah tambang yang merupakan penghasil kelapa di Sumbawa. Kedua masalah pengadaan daging, hal ini dapat disiasati dengan kerjasama antara pemerintah daerah dengan Newmont membentuk kelompok masyarakat yang beternak ayam sehingga Newmont tidak perlu mengambil daging dari luar daerah tambang untuk kebutuhan karyawannya. Dampaknya dapat di lihat penduduk setempat bias menjadi peternak ayam. Jangan sampai terjadi seperti di Sumbawa barat, Newmont mengambil bahan-bahan kebutuhan operasionalnya dari luar sehingga penduduk setempat tidak memperoleh apa-apa. Wilayah Sumbawa selatan merupakan wilayah produktif untuk pertanian dan peternakan jadi tidak ada alasan bagi Newmont untuk mengambil kebutuhannya dari luar Sumbawa.
Hal ini akan berdampak dari perputaraan ekonomi daerah Sumbawa selatan. Sesuai teori ekonomi jika banyak uang beredar/perekonomian meningkat maka akan banyak lapangan perkerjaan yang tersedia. Kaitan yang kedua adalah perekrutan tenaga kerja. Penulis menyadari penduduk di wilayah Sumbawa selatan masih tertinggal jika berbicara masalah pendidikan. Banyak pemuda-pemuda yang tidak bias melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini bias dimengerti karena infrastruktur pendidikan di wilayah Sumbawa selatan masih sangat mengkhawatirkan dan kondisi ekonomi dari keluarga jika akan melanjutkan pendidikan.
Newmont tidak dapat menjadikan ini alasan untuk tidak merekrut tenaga kerja local dari sekitar wilayah tambang. Pemuda-pemuda tersebut merupakan tumpuan ekonomi keluarga. Kelak jika berhasil bekerja di Newmont maka diharapkan perekonomian keluarga akan terangkat. Perekrutan tenaga kerja harus menjadi perhatian semua pihak, jangan sampai ada kecemburuan dimana tenaga kerja dari luar dengan mudah masuk menjadi tenaga kerja di Newmont sementara pemuda local tidak mendapat pekerjaan apa-apa. Masih ada 4-5 tahun lagi untuk proses ekploitasi maka dari itu pemerintah dengan Newmont dapat membentuk balai latihan kerja untuk meningkatkan kterampilan pemuda agar sesuai dengan standar yang di tetapkan Newmont.
Tidak perlu pendidikan tinggi yang penting memiliki ketrampilan sehingga dapat bekerja di lapangan. Peran pelajar dan Mahasiswa Pemuda Sumbawa selatan yang memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi baik di mataram, Yogyakarta maupun kota-kota besar lainnya di harapkan dapat menjadi pemantau dan pengawas dari setiap kebijakan baik yang di ambil oleh Newmont maupun pemerintah daerah. Pelajar dan mahasiswa telah memiliki kemampuan analisis yang baik sehingga dapat menentukan apakah keberadaan Newmont di Sumbawa selatan dapat memberikan dampak yang baik terhadap masyarakat di wilayah tambang. Pelajar dan mahasiswa harus memainkan peran yang lebih besar lagi bagi arah pembangunan Sumbawa, tidak hanya berkutat dengan tradisi keilmuan di kampus namun harus turun ke lapangan untuk merasakan penderitaan rakyat. Sekali lagi keberadaan Newmont di Sumbawa selatan harus memberi manfaat bagi rakyat di sekitar wilayah tambang. Dan ini harus menjadi perhatian kita sebagai pemuda, pelajar dan mahasiswa Sumbawa selatan. Ilham Handika Ketua Persatuan Pemuda Mahasiswa Sumbawa Selatan (PERMASUS) Yogyakarta

Click to comment