Type something and hit enter

By On
debuyandi

BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Assalamu'alaikum pembaca setia Blogger Kalteng. Semoga selalu optimis dan semangat dalam menjalan aktivitas sehari-hari. Tidak terasa, umur udah semakin tua, oh yaa.. selamat tahun baru 2019 yaa... Walaupun terlambat, namun tetap harus diucapkan mengingat Blogger Kalteng di tahun ini sudah menginjak usia 9 (sembilan) tahun.

Terakhir saya ada mempublikasi tulisan tanggal 11 Agustus 2018, Pukul 08.13 WIB. Sekitar 5 (lima) bulan broo Blogger Kalteng tidak update. Tapi kalau nulis tetap jalan. Soalnya sekarang aktivitas lebih pada kerjaan. Kerjaan musim pileg ini lumayan menyita waktu, beberapa pileg ada yang menggunakan jasa saya dan tim untuk kampanye di media sosial.

Jadi tiap hari kerjaan masih seputar desain grafis, konten kampanye, caption dan beberapa tulisan serta berita-berita tentang calon. Setidaknya sampai pileg usai di bulan April nanti ada penghasilan tetap. Antara 5 (lima) bulan ini juga saya dapat order untuk pembuatan tiga website. Alhamdulillah rezeki emang gak kemana.

Hasil belajar tentang desain grafis, editing video, content creator dan menulis, ternyata bisa menghidupi saya dan adik saya di Kota Palangka Raya. Kuliahin adik yang sudah selesai semester satu di bulan ini. Memang semua butuh perjuangan lebih, namanya juga freelance, harus banyak jaringan, kenalan dan pintar-pintar nyari peluang kerjaan.

Oh yaa.. Tulisan ini hanya untuk pembuka di tahun 2019. Sesuai dengan judul yang saya buat, kali ini saya ingin ngajak kawan-kawan memanfaatkan waktu luang aja dengan banyak belajar. Fokus saya desain grafis, Editing Video dan Penulis Lepas.
Kalau ingin jadi desain grafis, menurut saya yang harus dipelajari cukup aja dua aplikasi. Pertama Photoshop dan kedua Corel Draw, kalau udah menguasai keduanya udah pasti bisa jadi penghasilan. Atau salah satu dari keduanya. Buat apa sih belajar aplikasi itu? Manfaatnya besar di era medsos, banyak orang yang membutuhkan jasa pada desain grafis untuk sekedar membuat banner iklan, ucapan-ucapan selamat dari para pejabat.

Kemudian Editing Video, percaya atau tidak saya membutuhkan waktu 2 (dua) hari untuk mempelajari editing video sederhana dengan Aplikasi keluarga Adobe, yakni Adobe Premier Pro. Video hasil editing saya udah bisa dinikmati orang banyak. Coba baca deh pengalaman saya mempelajari aplikasi ini : Hanya Butuh Waktu 2 Hari Menaklukkan Aplikasi Adobe Premier Pro (Editing Video). Kalau di Instagram atau Facebook, setelah saya amati orang-orang akan lebih suka melihat video dari pada hanya gambar saja. Kemudian kamu juga harus bisa mengambil video dengan kamera DSLR kamera lainya.

Terakhir, yang juga sangat berguna adalah penulis lepas. Buat apa? Jadi begini, sekarang udah zamannya medsos yaa... semua orang udah punya medsos. Biasanya para pejabat membutuhkan orang-orang yang bisa mengelola media sosial mereka. Urusan seperti ini pasti harus diserahkan kepada orang-orang yang bisa nulis. Ingat jangan sekali-kali asal copy paste aja. Kalau sekedar untuk menulis caption atau status facebook, biasanya tulisan itu panjangnya hanya 3-4 paragraf saja. Berbeda misalkan membuat berita, tulisan kita harus semenarik mungkin. Menarik dalam bahasa saya ada kriterianya, saya punya standar sendiri dalam membuat berita yang khusus untuk mengkampanyekan seseorang.
Nah, jika kawan-kawan yang membaca tulisan ini sudah menguasai 3 (tiga) keahlian itu. Ccoba aja tawarkan jasa kepada orang yang memerlukan. Misalkan anggota DPR, Kepala Dinas, Pejabat Potensial atau pengusaha.

Bagi yang belum menguasai semuanya, misalkan hanya bisa desain grafis. Bentuk tim yang sesuai dengan kriteria tadi, tinggal kalian atur deh bagaimana job masing-masing. Saat sekarang saya sudah mempunyai tim khusus yang saya bentuk, mulai dari master photoshop, master corel draw, master editing video, penulis dan potografi. Jadi semua udah siap.

Udah itu aja dulu untuk tulisan pertama di Blogger Kalteng membuka tahun 2019. Jika kawan-kawan penasaran produk hasil kerja tim saya, kontak saja yaa. Bagi yang serius.

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment