Type something and hit enter

author photo
By On
debuyandi
BLOGGER KALTENG - Musyawarah Wilayah VI Nasyiatul 'Aisyiyah (NA) Kalimantan Tengah dengan tema "Gerakan Perempuan Muda Berkemajuan Untuk Kemandirian Bangsa" bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Sabtu (14/1/2017) telah usai dan kembali mengamanahi Nurul Komariah, S.Si., M.Kes sebagai ketua umum, meneruskan kepemimpinannya hingga tahun 2020 mendatang.

Sejalan dengan tema yang diangkat dalam Muswil kali ini, Nurul Komariah menjelaskan bahwa ke depan Nasyiatul 'Aisyiyah Kalimantan Tengah akan terus membangun kerjasama antar lembaga, mengokohkan struktur, dan meneguhkan peran Nasyiatul 'Aisyiyah itu sendiri.
"Ke depan NA akan membangun kerjasama yang baik lagi dengan berbagai pihak sebagai langkah mensinergikan gerakan, kemudian hal terpenting juga adalah berupaya mengokohkan struktural baik ditingkat wilayah maupun daerah. Harapannya kehadiran NA sebagai ormas keagamaan mampu menjadi wadah gerakan perempuan yang dirasakan betul kontribusinya ", jelas Nurul.
Selama ini Nasyiatul 'Aisyiyah mempunyai program unggulan seperti Pelayanan Remaja Sehat Milik NA (PASHMINA). Program ini merupakan langkah nyata Nasyiatul Aisyiyah sebagai organisasi otonom Muhammadiyah yang konsen bergerak di bidang perempuan dan anak.
"Melalui program PASHMINA ini nantinya dapat membentuk remaja Islam yang sehat, kuat dan produktif dalam pergaulan positif serta berprestasi. Nanti juga akan ada pos edukasi kesehatan reproduksi, NAPZA, dan panduan pergaulan Islami yang sehat, dan screening kesehatan remaja", ungkap Nurul.
Selain PASHMINA, program unggulan lainnya  adalah Badan Usaha Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA). Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengusaha baru, produktivitas, dan inovasi usaha dengan manajemen yang professional. Penguatan pemberdayaan Perempuan di Bidang Ekonomi serta Pengembangan Jaringan usaha meliputi permodalan dan Pasar.
"NA di beberapa daerah sudah memiliki BUANA, harapannya usaha tersebut dapat berkembang secara baik dan lancar serta mampu meningkatkan kemampuan dan kualitas dari para anggota NA untuk menjadi pengusaha atau wirausahaan muda yang mandiri", jelasnya.
Baca juga : Nasyiatul Aisyiyah Kalteng Siapkan Entrepreneur Muda

Selain program-program di atas, yang terpenting juga adalah penguatan organisasi, Pimpinan Wilayah Nasyiatul 'Aisyiyah dengan membentuk cabang dan ranting. Pelatihan Darul Arqam NA, Latihan Instruktur NA, pengajian rutin, media online sebagai sarana komunikasi efektif berbentuk literasi, dan program-program lainnya yang akan disusun dikemudian hari.

***
Ditulis oleh Fitri Rahmawati
Editor Debu Yandi



Click to comment